Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Usia Ditemui Gubernur, Menkes Turunkan Tim Tinjau Lahan RS Pusat Otak dan Jantung di Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | Januari 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-19T03:32:30Z



PekanbaruPasca Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menemui Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin membahas soal rencana pemerintah pusat akan membangun rumah sakit pusat otak dan jantung di Pekanbaru, Riau.


Menkes Budi Gunadi Sadikin langsung menurunkan tim yang dipimpin Direktur Pelayanan Kesehatan meninjau lokasi lahan pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung di Pekanbaru, Kamis (19/1/2023).


"Iya, hari ini tim Kemenkes yang dipimpin ibu dr Yanti Herman meninjau lokasi lahan yang akan dijadikan untuk pembangunan rumah sakit otak dan jantung di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Zainal Arifin, Kamis (19/1/2023).


Setelah meninjau lahan tersebut, lanjut Zainal, tim akan membahas rencana pembangunan rumah sakit otak dan jantung Kemenkes di Pekanbaru dengan Diskes Riau.


"Nanti dijadwalkan pada pekan depan baru pak Dirjen Pelayanan Kesehatan akan datang ke Riau menindaklanjuti rencana pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung di Pekanbaru itu," terangnya.


Zainal menambahkan, selain meninjau lokasi pembangunan rumah sakit otak dan jantung, diagendakan Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kemenkes juga akan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau, dan RSUD Petala Bumi Riau.


Sebelumnya, Gubri Syamsuar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin menemui Menkes, di Jakarta, Senin (16/1/2023).


"Alhamdulillah apa yang menjadi arahan pak Presiden langsung ditanggapi oleh pak Menteri Kesehatan, dan beliau menyambut baik," kata Gubri.


Karena itu, lanjut Gubri, pihaknya akan menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah sakit tersebut. Selain itu, kesiapan sumber daya manusia juga akan segera disiapkan. Mulai dari dokter, perawat dan bagian lainnya.


"Tadi Pak Menteri juga menanyakan langsung secara teknis kesiapan tenaga medis kita. Baik dokter spesialis maupun perawat dan itu semua sudah kita siapkan," ujarnya.


Sementara terkait pembangunan fisik bangunan rumah sakit jantung dan otak sepenuhnya akan menjadi kewenangan pemerintah pusat.


"Harapan pak Menkes tadi, tahun ini sudah mulai dibangun. Tapi ini kewenangan pemerintah pusat, yang jelas usulan kita diterima pak Presiden dan beliau langsung menugaskan pak Menkes untuk menindaklanjutinya," sebutnya.


Sejauh ini, Pemprov Riau sudah menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung di Provinsi Riau.


Lokasi lahan yang disiapkan untuk pembangunan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan ini berada di Jalan Naga Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan Pekanbaru. Lokasinya tidak jauh dari Stadion Utama Riau. 

×
Berita Terbaru Update