Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anies Jadi Dewan Penasihat ASEAN Studies Universitas Oxford

Sabtu, 14 Januari 2023 | Januari 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-14T09:24:50Z



Jakarta, Anies Baswedan diangkat menjadi salah satu Anggota Pendiri Dewan Penasihat Internasional Institute of ASEAN Studies di Universitas Oxford. Anies juga sempat memberikan kuliah di kampus ini.


"Memberikan Kuliah Tamu di Hogwarts ruangan bersejarah pada gedung Divinity School di Oxford University. Usai upacara pengangkatan sebagai Founding Member of International Advisory Board at the Institute of ASEAN Studies at the University of Oxford, diminta memberikan kuliah tamu soal ASEAN dan masa depannya," ujar Anies lewat akun Instagramnya, Sabtu (14/1/2023).


Anies juga mengunggah foto gedung yang jadi tempatnya memberi kuliah umum. Anies bercerita bahwa gedung tempatnya memberi kuliah itu merupakan gedung bersejarah. Selain itu, ia mengatakan bahwa kampus Oxford bukan hanya yang tertua, tetapi juga terlama.


"Kuliah tamu ini dilaksanakan di salah satu gedung bersejarah yaitu Divinity School di Universitas Oxford. Universitas ini bukan hanya tertua, tapi juga terlama. Ada banyak universitas tua tapi kini punah dan cuma cerita sejarah, hanya sedikit tetap tumbuh dan berkembang sampai hampir seribu tahun, salah satunya Universitas Oxford," ujarnya.


Anies juga mengungkap bahwa gedung itu biasanya dipakai untuk kegiatan upacara kampus. Gedung ini bahkan pernah dipakai untuk syuting film Harry Potter.


"Pada masa sekarang, ruangan bersejarah ini hanya digunakan untuk upacara dan acara universitas penting lainnya. Menuju ruangan ini, ada selasar panjang yang dijadikan lokasi pengambilan gambar pada film Harry Potter," ujarnya.


Anies merasa terhormat ketika memasuki gedung ini. Apalagi untuk memberikan kuliah. Pasalnya, banyak mahasiswa dan dosen yang belum pernah masuk gedung itu.


"Sebagian besar dari hadirin belum pernah masuk ke ruang bersejarah ini, bahkan dosen dan mahasiswa Oxford pun banyak yang baru pertama kalinya masuk ke ruangan ini. Sebuah kehormatan diundang memberikan kuliah tamu di salah satu universitas terlama di dunia, dan mereka sengaja selenggarakan kuliah tamu ini di sebuah lokasi yang amat prestisius," tuturnya.



×
Berita Terbaru Update