Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Edukasi Bagi Masyarakat Lokal Terhadap Kejahatan Lintas Batas, Sebegitu Bahayakah?

Minggu, 25 Desember 2022 | Desember 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-25T12:41:50Z



Pekanbaru, Kejahatan  lintas  batas  dipahami  sebagai  kejahatan  serius  dengan  dimensi  lintas  batas antar negara yang dilakukan di sepanjang perbatasan luar wilayah. Kejahatan transnasional menjadi salah satu ancaman paling serius terhadap masyarakat dan keamanan global. 


Kejahatan Transnasional Terorganisir (Transnational Organized Crimes/TOC) adalah konsep yang digunakan dalam konteks multilateral, dan hal ini selaras dengan instrumen hukum internasional yang disepakati pada tahun 2000, yaitu Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Kejahatan Transnasional Terorganisir (United Nations Convention on Transnational Organized Crime/UNOC).


Tindakan dari kejahatan lintas batas dalam bentuk kegiatan ilegal individu dan organisasi yang melintasi batas wilayah bertujuan untuk  memaksimalkan  keuntungan  ekonomi  atau  mencapai  tujuan  politik. Keterlibatan  geng kriminal  terorganisir  dalam  penyeludupan  narkoba,  pemalsuan,  penculikan,  dan  pemerasan sering  terjadi  dalam kepentingan bersifat politisi.  


Hal ini  menjadi  kekhawatiran  masyarakat  lokal  yang  sebenarnya tidak  terlalu  memahami  ancaman  keamanan  yang  terjadi  di  lingkungannya  sendiri.  Masyakarat lokal yang terdiri dari beberapa lapisan atau level perekonomian mengalami dampak yang signifikan terhadap kejadian-kejadian yang mereka hadapi dalam melihat kejahatan lintas batas ini sebagai peluang atau ancaman bagi kehidupan mereka. 


Beberapa implikasi kejahatan lintas batas terhadap perkembangan sosial ekonomi masyarakat lokal dengan peningkatan  fenomenal   dalam   berbagai   bentuk   perdagangan   illegal.  Kawasan-kawasan yang sering dijadikan titik kelemahan  Di   samping   itu, permasalahan yang sering di hadapi antar negara di perbatasan adalah Kawasan di perbatasan laut antar negara-negara maju seperti di Kepulauan Meranti Riau. 


Kepulauan meranti menjadi Kawasan yang menjadi sasaran kejahatan lintas batas karena lemahnya lembaga atau institusi yang mengawasi terhadap penyelundupan barang, migran atau perdagangan manusia dan kejahatan serius yang berdampak buruk pada keamanan perbatasan terutama di antara daerah-daerah  perbatasan.

  

Kejahatan  lintas  batas  tumbuh  dalam  skala  dan  momentum  tanpa strategi  yang  jelas  dan  terkoordinasi  yang  sesuai  untuk  menangani  kekuatan  besar  di  sub-wilayah, Ini  secara  signifikan  mempengaruhi  ekonomi  masyarakat  berkembang  dan  merusak kapasitas  dan  memicu  ketidakamanan  di  antara  negara-negara  perbatasan.  


Di  samping  itu, kegiatan  kriminal  terorganisir  mempengaruhi  keamanan  bersama  dan  stabilitas  kawasan  dan ekonomi  dan  nilai-nilai  inti  demokrasi.  Luas  dan  besarnya  masalah  kejahatan  di  lintas  batas memerlukan   strategi   definitif   dalam   kerangka   luas   Masyarakat   Ekonomi   ASEAN   yang melibatkan kemitraan publik-swasta.


Pemerintah daerah perlu memberikan edukasi terhadap masyarakat lokal melalui kegiatan yang dilakukan oleh pihak keamanan dan akademisi yang bertujuan untuk memberikan ilmu  dan  pemahaman  tingkat  kejahatan  lintas  batas  dari  level  bawah hingga  level  atas,  dalam  hal  ini masyarakat  lokal  untuk  senantiasa  siaga  dan waspada   terhadap  tantangan,  hambatan,  ancaman  dan   gangguan   serta   peduli terhadap keamanan nasional maupun internasional. 


Selain itu, dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tidak terlibat dalam aksi kejahatan lintas   batas,   membutuhkan   komitmen   yang   kuat dan   kemauan   bersama seluruh   elemen  warga  negara  dan  berbagai  komponen  terkait,   yang  mempunyai kepentingan untuk terciptanya keamanan pada kawasan tertentu,  ataupun keamanan dalam negeri masing masing negara yang berdekatan.


Penguatan leadership   network (Jaringan   kepemimpinan)   antar   negara   yang berdekatan   agar   mendapatkan   kekuatan   dan   informasi   yang   akurat   dalam menyelesaikan persoalan kejahatan lintas batas yang telah terorganisir, Meningkatkan  kerja  sama,  kemitraan  dan  solidaritas  antar  negara  melalui  forum diskusi secara terbuka (masyarakat dan pemerintah),  membentuk kantor penghubung dan pengembangan sumber daya manusia di perbatasan. 


Untuk saat ini, pendekatan regional dalam menangkal kejahatan lintas batas dan korupsi masih dibayangi oleh upaya individu nasional, yang lebih lanjut terfragmentasi oleh pembagian buatan pada tantangan keamanan internal di satu sisi, dan keamanan eksternal negara tertentu di sisi  lain.  


Analisis  yang  diusulkan  dalam  kegiatan  ini  menawarkan  argumen  untuk  mendukung program waspada dan peduli sebagai upaya kompleks untuk mencerminkan tantangan baru yang tidak hanya dihadapi masyarakat lokal di perbatasan Asia tapi juga negara-negara lainnya. 


Dalam beberapa  kasus,  rute  dan  modus  operandi  yang  sama  digunakan  untuk  penyelundupan  migran dan  perdagangan  barang  ilegal.  Mengingat  karakter  kompleks  dari  ancaman  kejahatan  lintas batas,  diperlukan  tanggapan  operasional  yang  komprehensif, Oleh  karena  itu,  khususnya tindakan  mitigasi  risiko  yang  diambil  oleh  Negara-negara  tetangga   di  perbatasan  perlu didasarkan  pada  temuan  analisis  risiko  dan  ancaman  kriminal  yang  teridentifikasi, Selain dukungan analisis risiko, Badan /Lembaga independent dapat memberikan solusi bantuan teknis dan  operasional  kepada  Negara-negara  di  perbatasan  seperti  Malaysia  untuk  memperkuat kapasitas mereka untuk memenuhi kewajiban mereka terkait dengan kontrol perbatasan eksternal dan untuk menghadapi tantangan di perbatasan eksternal yang juga diakibatkan oleh kejahatan lintas batas. Dukungan ini dapat berupa pelatihan, saran tentang perangkat teknologi yang sesuai atau peluncuran respons operasional baik dalam bentuk Operasi Bersama atau bahkan Intervensi Perbatasan Cepat.




oleh : Dr. Fitrisia Munir, M.Phil



×
Berita Terbaru Update