Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dibawah Kepemimpinan Afrizal Sintong S.IP, Kepenghuluan Bangko Mukti Raih Juara ll Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau

Minggu, 25 Desember 2022 | Desember 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-25T04:59:28Z



Bangko Pusako, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau telah mengumumkan 15 desa wisata terbaik di Provinsi Riau tahun 2022. Penilaian atau kurasi desa wisata dilakukan oleh dewan juri berkompeten.




Proses penilaian desa wisata dilaksanakan sejak bulan Agustus hingga Desember 2022. Dari 133 desa wisata yang ada di Riau, sebanyak 102 desa wisata ikut mendaftar pada penilaian.




Kepala Dispar Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, tujuan penilaian desa wisata tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi dari Gubernur Riau sekaligus memberikan pembinaan kepada pengelola desa wisata.




"Ada 15 desa wisata yang lolos kurasi. Dilaksanakannya kegiatan Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan apresiasi dan pembinaan kepada pengelola Desa Wisata di Provinsi Riau," ujar Roni.




Roni mengatakan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan dan mengidentifikasi potensi desa wisata yang bangkit, dan unggul sebagai komoditas atraksi dari produk unggulan pariwisata di Riau.


"Penilaian dilakukan Dua tahap seleksi, hingga terjaring 15 besar desa wisata. Kami berharap 15 desa wisata ini dapat bersaing di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Nasional tahun 2023," jelas Roni Rakhmat.


Sebagai apresiasi, pihaknya memberikan hadiah untuk juara 1 Rp20 juta, juara 2 Rp15 juta, juara 3 Rp10 juta. Kemudian, untuk kategori desa wisata unggulan 1 Rp5 juta dan unggulan Rp4 juta.


Adapun lima dewan juri yang mengkurasi adalah, Ketua Dewan Juri, Dr Ir Eni Sumiarsih, MSc dari Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Master Asesor, Osvian Putra, Praktisi di bidang kuliner, Alfa Frisa, Praktisi di bidang digital, Faqih Oktamaulana, S Kom, dan juri kehormatan Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat.


Penentuan pemenang Apresiasi Desa Wisata Riau berdasarkan 7 kategori, di antaranya, kategori homestay, daya tarik pengunjung, digital kreatif, souvenir, toilet umum.


Kemudian, kategori kelembagaan desa dan kategori Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Lingkungan (CHSE). Pemberian penghargaan diserahkan langsung Kadispar Riau di Desa Wisata Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Jumat (23/12/2022).


Terpisah, Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan tahniah kepada 15 desa wisata yang telah berhasil lolos penilaian. Ia berharap kegiatan tersebut bisa memberikan motivasi kepada pengelola desa wisata lainnya.


"Tahniah kepada desa wisata yang telah lolos kurasi. Semoga bisa memotivasi desa di Riau lainnya," ujarnya.


Dikatakan dia, bahwa di Riau banyak memiliki desa wisata. Bahkan, pihaknya telah memiliki program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk desa sejak tahun 2019.


Adanya program BKK diharapkan dapat membantu pemerintah desa untuk mengembangkan perekonomian desa, menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan sektor pariwisata," katanya.


Perkembangan BumDes di Provinsi Riau sangat terasa setelah adanya program BKK Desa yang diluncurkan sejak awal kepemimpinannya. Total anggaran yang telah disalurkan sebesar Rp851 miliar lebih untuk 1.591 desa di Riau.


Untuk diketahui Progam Bantuan BKK Pemprov Riau, pada tahun 2019 disalurkan kepada 1.591 desa sebesar Rp200 juta per desa.


Tahun 2020, mengalami penurunan disebabkan dampak pandemi COVID-19. Sehingga BKK yang disalurkan sebesar Rp85 juta per desa. Sementara, di tahun 2021, BKK yang disalurkan kembali naik menjadi Rp100-Rp150 juta per desa.


Jumlah tersebut disalurkan berdasarkan klasifikasi terhadap BUMDes dengan empat kategori, yakni dasar, tumbuh, berkembang, dan maju.


Tahun 2023 Pemprov Riau kembali mengalokasikan BKK desa sebesar Rp278 miliar lebih. Anggaran bantuan tersebut naik dari tahun 2022 ini sebesar Rp238 miliar lebih dengan rata-rata Rp150 juta per desa.


Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sendiri dibawah kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman, terus melakukan upaya dan mendukung pengembangan sektor pariwisata yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Rohil. 


Bahkan, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, S.IP juga kerap memberikan himbauan baik kepada ASN yang ia pimpin bahkan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa memanfaatkan wisata yang ada di wilayah Kabupaten Rohil untuk berlibur bukan malah keluar daerah.


Sebab kata Bupati Rohil Afrizal Sintong S.IP, keindahan berbagai wisata yang ada di Kabupaten Rohil juga tak kalah dengan tempat-tempat wisata yang ada di luar daerah. Selain itu, dengan memanfaatkan dan mengunjungi wisata yang ada di dalam daerah, tentunya akan menghidupkan UMKM yang ada di Kabupaten Rohil. 


Dengan upaya dan dukungan yang diberikan Pemda Rohil tersebut, Kabupaten Rohil berhasil meraih juara ll desa wisata terbaik se Provinsi Riau, tepatnya berada di Kepenghuluan Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako.


Dengan perolehan juara ll Desa pariwisata terbaik se Provinsi Riau tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong S.IP juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada pengelola wisata dan Datuk Penghulu yang telah bekerja keras sehingga dapat membawa dan mengharumkan nama Kabupaten Rohil. 


Berikutnya 15 Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau:


1. Juara 1, Bukit Batu Bengkalis.


2. Juara 2, Bangko Mukti Rokan Hilir.


3 Juara 3, Bokor Kepulauan Meranti.


4. Desa wisata ungulan 1 Kategori Digital Kreatif, Rantau Langsat Inhu.


5. Desa wisata kategori digital kreatif, Aliantan Rohul.


6. Desa wisata unggulan 1 kategori souvenir kreatif Langgam Pelalawan.


7. Desa wisata unggulan 2 Kategori Sovenir Kreatif, Mundam Dumai.


8. Desa wisata unggulan 1 kategori kelembagaan, Mempura Siak.


9. Desa wisata unggulan 2 kategori kelembagaan Buluh Cina Kampar.


10. Desa wisata unggulan 1 kategori daya tarik, Bono Pelalawan.


11. Desa wisata unggulan 2 kategori daya tarik, Teluk Dalam Inhil.


12. Desa wisata unggulan 1 kategori toilet, Kampung Bandar Pekanbaru.


13. Desa wisata unggulan 2 kategori toilet, Sungai Kelelawar Kuansing.


14. Desa wisata unggulan 1 kategori homestay Tanjung Belit Kampar.


15. Desa wisata unggulan 2 kategori homestay Tanjung Punak Bengkalis.


16. Desa wisata unggulan 1 kategori CHSE, Tanjung Punak Bengkalis.


17. Desa wisata unggulan 2 kategori CHSE, Kampung Bandar Pekanbaru.

×
Berita Terbaru Update