Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Nurhidayat Buka Rapat Sosialisasi Pembahasan Tapal Batas di Kecamatan Pekaitan

Selasa, 08 November 2022 | November 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-08T07:37:45Z



Pekaitan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) menggelar kegiatan sosialisasi percepatan penegasan dan penetapan batas wilayah di kecamatan Pekaitan. Selasa (08/11/2022).




Acara dimulai sekira pukul 10:15 Wib, bertempat di aula kantor kecamatan Pekaitan jalan kecamatan itu tampak di hadiri langsung Camat Pekaitan Mawardi, S.Pd., yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Junaidi, S.Pd., Kabag Tapem Rohil Nurmansyah, S.STP., diwakili Kabag Administrasi Kewilayahan Tapem Rohil Dona Doni, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM  Nurhidayat, SH., MH., serta seluruh Penghulu se-kecamatan Pekaitan.




"Tujuan pertemuan ini merupakan keinginan Bupati Rohil terkait penyelasaikan tapal batas di seluruh wilayah baik Kepenghuluan/Kelurahan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir," Kata Dona Doni Mewakili Kabag Tapem Rohil.


Dalam sambutannya, Dona Doni juga menyampaikan dirinya mewakili kepala bagian tata pemerintahan (Tapem) Rohil di keranakan Nurmansyah, S.STP., tidak berada di pusat kota lantaran ada tugas diluar daerah.


Terkait soal batas wilayah, ia menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 45 tahun 2016 tentang pedoman penetapan dan penegasan tapal batas antar desa Kabupaten sudah selesai, maka perlu ditindaklanjuti untuk persoalan tapal batas yang ada di Rohil untuk dibuat nantinya keputusan melalui peraturan Bupati Rokan Hilir.


Bahkan untuk mempercepat dalam penegasan penetapan tapal batas, pihak Tapem Rohil meminta kepada seluruh kepala desa dan pihak Kecamatan untuk membentuk tim penyelasaikan tapal batas desa yang mana diminta kepada seluruh Kepenghuluan untuk mempersiapkan laporan batas wilayah desa masing masing pada tanggal 18 Desember 2022 mendatang.


Sementara, HM Nurhidayat Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Rokan Hilir saat dikonfirmasi wartawan menyampaikan hadir pada rapat sosialisasi terkait hal tersebut mewakili Sekda Rohil sekaligus pembekalan dan pelatihan petugas teknis batas Kepenghuluan se-kecamatan Pekaitan.


Dikatakan HM Nurhidayat lagi, rapat sosialisasi yang melibatkan seluruh datuk Kepenghuluan bersama pihak Kecamatan Pekaitan tersebut turut dihadiri Narasumber dari Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) Syahrudin didatangkan dari Bandung untuk memberikan pemahaman hukum dan aturan terkait penyelasaikan sengketa tapal batas disuatu wilayah.


"Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini permasalahan soal tapal batas khususnya di desa kecamatan Pekaitan dapat diselesaikan dalam waktu dekat sesuai dengan aturan dan kesepakatan yang telah disepakati dalam rapat ini," Kata Nurhidayat. 


Sementara Camat Pekaitan Mawardi, S.Pd,. diwakilkan oleh Sekcam Junaidi, S.Pd., menyampaikan ucapan terimaksih kepada semua pihak yang ikut pada kegiatan sosialisasi tersebut dan berharap terkait persoalan batas wilayah antar desa di kecamatan Pekaitan dapat diselesaikan dengan batas waktu yang telah disepakati bersama.


"Sebelumnya kami dari pihak Kecamatan Pekaitan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang hadir pada rapat sosialisasi pembahasan batas wilayah hari ini,  mudah mudahan dengan adanya sosialisasi ini persoalan penetapan tapal batas antar desa se-kecamatan Pekaitan dapat diselesaikan dengan baik," Kata Junaidi. 


Terpisah, Antok Sutomo, S.Sos Datuk Penghulu Sungai Besar Kecamatan Pekaitan saat dikonfirmasi menyampaikan apresiasi atas upaya pemerintah telah mengambil langkah dengan cepat dan tepat.


"Kami sampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mengambil langkah dengan cepat tepat, kerna kalo lah permasalahan tapal batas tidak cepat diselesaikan tentunya yang kita khawatirkan akan terjadi konflik antar masyarakat yang ada di Kepenghuluan Pekaitan," Tutupnya.


Pertemuan rapat sosialisasi terkait tapal batas serta pembekalan dan pelatihan petugas teknis batas Kepenghuluan se-kecamatan Pekaitan tampak dihadiri oleh seluruh datuk Penghulu diantaranya, Antok Sutomo, S.Sos  Penghulu Sungai Besar, Edi Hasan Penghulu Suak Air Hitam, Arif Fadilah Penghulu Pekaitan, Wan As'ari Penghulu Pedamaran, Kartono Penghulu Suak Temenggung, Mas Puri Penghulu Karya Mulyo Sari, Basyori Penghulu Teluk Bano II, Mukhlisin Penghulu Kubu I, Sujarwo Edi Saputro Penghulu Rokan Baru Pesisir.









Editor: Redaksi

×
Berita Terbaru Update