Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelabuhan Perikanan Internasional Akan Dibangun di Bagansiapiapi 2023

Sabtu, 26 November 2022 | November 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-26T16:24:17Z



DumaiGubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan di Tahun Anggaran (TA) 2023 bakal dibangun Pelabuhan Perikanan Internasional di Bagansiapiapi, Rohil. Diakuinya, sejak dilantik menjadi Gubri pada 2019, salah satu yang ia perjuangkan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah soal pelabuhan ini.


Syamsuar pun menyebut jika pelabuhan ini nantinya dibangun maka Bagansiapiapi yang dulu tersohor karena produksi ikan, akan kembali dikenal secara luas.


"Ini harapan kita semua. Konsultan pembangunannya bahkan dari Jepang. Sudah bertemu juga dengan Bupati Rohil," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).


Hal ini disampaikannya saat menghadiri pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Rokan Hilir (Ikrohil) Kota Dumai periode 2022-2027 di Kota Dumai hari ini.


Seperti diketahui, sesuai program Presiden Joko Widodo melalui KKP, Pelabuhan Perikanan rencananya akan dibangun di Jalan Pelabuhan Baru, Bagan Siapi-api. Pelabuhan perikanan ini akan menjadi Pelabuhan Perikanan Terintegrasi dan juga Pasar Ikan Internasional.


Pada kesempatan itu, Syamsuar juga menyampaikan kegembiraannya karena Riau termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang menerima Hibah Millennium Challenge Compact (MCC) dari Amerika Serikat. Adapun hibah ini akan dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur dermaga dan juga jalan di Pulau Rupat, Bengkalis sesuai keputusan pihak MCC.


Soal hibah MCC, Syamsuar mengatakan hal ini sudah disampaikan Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan G-20 di Bali beberapa waktu lalu.


Selain itu, Gubri menyebut pembangunan tol di Riau akan terus berlanjut, termasuk lajur Dumai-Rantau Prapat, Sumut. Bila pembangunan tol ini terwujud maka waktu tempuh Pekanbaru-Rokan Hilir akan semakin cepat.

×
Berita Terbaru Update