Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dihadiri Ketua FPK Rohil, FPK Tanah Putih Tanjung Melawan Tunjuk Milhan Sebagai Ketua

Selasa, 08 November 2022 | November 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-08T09:59:25Z



Tanah Putih Tanjung Melawan, Difasilitasi Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Kebupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Robby Kurniawan, S.STP, M.Si, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan resmi terbentuk.


Pembentukan organisasi atas amanat Permendagri No 34 Tahun 2006 ini, dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Senin (7/11/2022).




Berdasarkan SK Camat TP-TM Nomor : 10 Tahun 2022 Tanggal 07 November 2022, menunjuk Milhan sebagai Ketua, H Abu Sanib Pulungan sebagai Sekretaris dan Bendahara Gustina Wati, dalam rapat itu juga ditetapkan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan sebagai Dewan Pembina FPK Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.




Turut hadir dalam pembentukan itu Kapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan, Ipda Irwandy H Turnip, tokoh agama, tokoh masyarakat, Organisasi Paguyuban/Ikatan Keluarga se Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan serta tamu undangan lainnya. 




Istimewanya Pembentukan FPK Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan juga dihadiri Ketua FPK Kabupaten Rokan Hilir, H. Muhanif.


Pembentukan FPK di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan diawali dengan pengarahan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Robby Kurniawan, S.STP, M.Si. Dengan memaparkan arti penting pembentukan FPK di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dalam rangka merawat pembauran kebangsaan di tengah kebhinekaan. Dia juga memaparkan FPK dibentuk berdasarkan Permendagri yang menunjukan pentingnya membentuk FPK di tingkat kecamatan.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan Pengurus FPK Kabupaten Rokan Hilir yang disampaikan Ketua FPK Kabupaten Rokan Hilir H. Muhanif.


"FPK menjadi forum silahturahmi antar Paguyuban, keberadaan FPK terbukti menjadi jembatan komunikasi antar etnis. Hal ini menyebabkan potensi konflik antar suku bisa diredam sedemikian rupa sehingga tidak berkembang kepada hal yang lebih besar. Untuk itu FPK Tanah Putih Tanjung Melawan harus dibentuk, sesuai Permendagri No 34 Tahun 2006 pembiayan bisa dibebankan kepada APBD setempat," ujar H. Muhanif.


Sesuai dengan Permendagri NO 34 Tahun 2006, FPK Kecamatan bertugas Menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, Menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.


Selain itu FPK Juga bertugas Menyelenggarakan sosialisasi yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan, serta Merumuskan rekomendasi kepada Camat sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan pembauran kebangsaan.


Pasal 15 Permendagri No 34 Tahun 2020 juga menegaskan Pendanaan bagi penyelenggaraan forum pembauran kebangsaan di provinsi didanai dari dan atas beban APBD Provinsi dan Pendanaan bagi penyelenggaraan forum pembauran kebangsaan di kabupaten/kota didanai dari dan atas beban APBD kabupaten/kota.





nadirman


×
Berita Terbaru Update