Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terciduk! Meski Dilarang, SPBU di Sitorajo Kari Diduga Melayani Konsumen Beli BBM Pakai Jerigen

Selasa, 25 Oktober 2022 | Oktober 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-25T12:56:31Z



Kuantan Tengah, Terminal Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dilarang melayani konsumen yang membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan jerigen. Hal itu telah diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.




Mengacu kepada Kepmen ESDM No. 37/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan, di mana ada perubahan status Pertalite menjadi bahan bakar penugasan. Pertamina telah memberlakukan aturan terbaru untuk pembelian Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).


Dengan berubahnya Pertalite dari bahan bakar umum menjadi bahan bakar penugasan JBKP, di mana di dalamnya terdapat unsur subsidi atau kompensasi harga dan alokasi kuota, maka Pertamina melarang SPBU untuk melayani pembelian Pertalite menggunakan jerigen atau drum untuk diperjualbelikan kembali di level pengecer.


Dikutip dari CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) resmi melarang pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 90 dengan menggunakan jerigen. Hal tersebut menyusul dengan ditetapkannya bahan bakar ini sebagai Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) pengganti Premium.


Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk memastikan penyaluran Pertalite dapat tepat sasaran sesuai dengan alokasi dan regulasi yang berlaku.


Hal ini tidak dibenarkan karena Pertalite telah ditetapkan sebagai Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) pengganti Premium. Larangan tersebut diatur Surat Edaran Menteri ESDM No. 13/2017 mengenai Ketentuan Penyaluran Bahan Bakar Minyak melalui Penyalur.


Namun  Lain halnya dengan  SPBU 14293644 yang beralamat di Desa Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau sedikit Bandel bahkan diduga terang-terangan melayani pembelian bbm dengan melakukan pengisian jiregen setiap harinya, Selasa, 25/10/2022.


Beredar di medsos facebook beberapa potongan Vidio terkait SPBU tersebut yang memperlihatkan pengisian BBM jenis solar dan Pertalite dengan menggunakan Jeregen dan juga tengki modifikasi


"Tolong ditindaklanjuti bahwa SPBU Sitorajo kari telah melakukan pengisian BBM pakai jiregen dan tengki modifikasi solar dan pertalite" Begitulah bunyi status facebook Akun Ayla Zahira.


Postingan tersebut diserbu komentar netizen, salah satunya akun @Andian Fajar yang berkomentar "Patuik la payah minyak i sanak.? (Pantas lah payah minyak saudara)


Akun @Masrohandi "ntar lagi tutup tu pompa, dengan emot tertawa" dan juga dari akun @AliUsman "Bielah ndk Tambah mahal minyak ru"( biar kan ,biar ndk tambah mahal minyak tu"


Saat berita ini diterbitkan Pimpinan SPBU Sitorajo Kari Masih dalam tahap konfirmasi.



af


×
Berita Terbaru Update