Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tekan Kasus Kecelakaan, HK Gelar Operasi Microsleep di Tol Permai

Minggu, 30 Oktober 2022 | Oktober 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-30T06:13:31Z



Pekanbaru, Operasi microsleep ruas Tol Pekanbaru – Dumai digelar oleh PT Hutama Karya untuk meminimalisir kasus kecelakaan, Minggu dini hari 30 Oktober 2022 di arah Pinggir, Bengkalis.


Branch Manager Tol Pekanbaru – Dumai dan Tol Pekanbaru – Bangkinang AA Gede Indrayana mengungkapkan, operasi microsleep di ruas Tol Pekanbaru – Dumai merupakan bagian dari operasi yang rutin digelar oleh HK selalu pengelola ruas Tol Pekanbaru – Dumai.


“Operasi ini sudah dilakukan secara periodik sejak tahun 2019 untuk menekan angka lakalantas,” kata Indrayana saat ditemui di lokasi, Sabtu dini hari (30/10/2022).


Sebagaimana dilihat langsung di lapangan, kendaraan yang melintas di sekitar kilometer 56 diarahkan ke jalur rest area. Para petugas yang tergabung dalam operasi memeriksa kondisi fisik pengendara, lalu melakukan cek terhadap kendaraan terutama kondisi mesin dan ban kendaraan.


Petugas juga melakukan pendataan identitas pengendara dan penumpang serta memastikan lokasi yang akan dituju.


Indrayana menyebut, microsleep merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di ruas Tol Pekanbaru – Dumai. Karena setiap jalan tol itu monoton, sehingga ada banyak pengendara yang hilang konsentrasi sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan.


Selain itu, kata dia, kondisi fisik pengendara juga sangat menentukan. Jika dalam kondisi lelah cenderung membuat pengendara tertidur apalagi saat mereka melakukan perjalanan di tengah malam seperti ini.


Mengantuk dalam hitungan detik atau microsleep seharusnya tidak dianggap hal sepele bagi pengendara. Sebab meski hanya tertidur hanya dalam hitungan detik sangat berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.


“Kami berharap dengan rutin dilakukan kegiatan operasi seperti ini, diharapkan angka kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin,” tambah Indrayana.


Dia juga menyebut, operasi microsleep cukup efektif untuk menekan angka kasus kecelakaan di jalan tol khususnya di ruas Tol Pekanbaru – Dumai.


“Biasanya setelah kita melakukan operasi seperti ini intensitas kasus kecelakaan akan menurun untuk sementara waktu. Namun demikian, ada banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan itu bisa terjadi. Walaupun secara fisik pengendaranya baik-baik saja, kalau kondisi kendaraannya tak sehat juga bisa menyebabkan kecelakaan,” sambungnya.


Dalam operasi microsleep di ruas Tol Pekanbaru – Dumai ini petugas jugas juga mengimbau kepada para pengendara yang melintas untuk selalu waspada dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

×
Berita Terbaru Update