Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SDN 20 Pekanbaru Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jumat, 28 Oktober 2022 | Oktober 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-28T09:51:33Z



Pekanbaru, Dalam  memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun dengan tema " Bersatu Bangun Bangsa" SDN 20 Pekanbaru gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila pada Jumat, 28, Oktober 2022. Pagi jelang siang WIB.




Selain Kepala Sekolah SDN 20 Pekanbaru, Sri Mulyati, S.Pd dan Guru pada sekolah tersebut, hadir juga ketua LPM Kota Pekanbaru Sarjoko, SE, Kabid SD Kota Pekanbaru, dan seluruh orang tua murid serta para donatur Jumat berbagi.


Sri Mulyati, S.Pd mengatakan Gelar Karya P5 ini merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka dimana tema yang diambil adalah kearifan budaya lokal dan sehat jiwa dan raga, selain itu Sri Mulyati, S.Pd dalam sambutannya juga menjelaskan program Jumat berbagi SDN 20 Pekanbaru merupakan program untuk membantu anak-anak murid yang kurang mampu.


Ketua Koordinator pelaksana kegiatan tersebut, Raja Helenkaswati, S.Pd mengatakan dalam sambutannya,"Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  ini, merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik,"Kata Raja Helenkaswati, S.Pd, Jumat, 28 Oktober 2022 di Pekanbaru.


Ketua LPM Kota Pekanbaru, Sarjoko, SE., menyampaikan kepada orang tua murid,"Kami LPM Pekanbaru siap menampung dan penyalur aspirasi Ibu-ibu orang tua murid dalam pembangunan penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam rangka memperkokoh NKRI, saya berharap pada tahun depan lebih meriah lagi, serta saya akan sampaikan kegiatan ini ke Pj Walikota Pekanbaru,"Kata Sarjoko kepada orang tua murid dalam sambutannya.


"Pada Hari ulang tahun Sumpah Pemuda ke-94 ini, Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru adakan giat Projek Pelajar Pancasila untuk mewujudkan pelajar Indonesia, terkhusus pelajar di Pekanbaru sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila"ujar Raja Helenkaswati, S.Pd saat ditanya Awak Media ini.


Secara lebih mendetail, karakter Pelajar Pancasila dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi, yakni,


Pertama. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Elemennya adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, akhlak bernegara.


Kedua, Berkebinekaan global, elemennya adalah mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antarbudaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, berkeadilan sosial.


Ketiga, bergotong royong, elemennya adalah kolaborasi, kepedulian, berbagi. 


Keempat, Mandiri, elemennya adalah pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, regulasi diri.


Kelima, Bernalar kritis, elemennya adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.


Keenam, Kreatif, elemennya menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.


Semua karya produksi terbaik anak-anak murid SDN 20 Pekanbaru dipamerkan pada orang tuanya dalam kegiatan tersebut.


Kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun, di SDN 20 Pekanbaru berjalan dengan sukses dan meriah. **









































af

rilis


×
Berita Terbaru Update