Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Raih Omset Terbesar se-Indonesia, Bumdes Raja Bejamu Mandiri Rokan Hilir Berserta 642 BUMDes Unit Usaha Pangan Terima Penghargaan Gubri

Sabtu, 15 Oktober 2022 | Oktober 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-15T07:56:48Z



Pekanbaru, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Provinsi Riau berhasil meraih omset terbesar di Indonesia, mencapai Rp149 miliar. Hal itu sesuai rilis yang dikeluarkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.


Atas prestasi tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada 643 BUMDes unit usaha pangan di Provinsi Riau yang mencapai omset tahunan sebesar Rp149 miliar.


Pemberian penghargaan tersebut diberikan secara simbolis oleh Gubernur Syamsuar kepada beberapa BUMDes diantaranya Bumdes Raja Bejamu Mandiri Kabupaten Rokan Hilir, Bumdes Lancang Kuning Kabupaten Indragiri Hilir, Bumdes Koto Panjang Sepakat Kabupaten Kampar, Bumdes Bakti Pertiwi Kabupaten Kapulauan Meranti,  BUMDes Harapan Makmur Kabupaten Kuansing, berlangsung di Auditorium Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, Sabtu (15/10/2022).


"Selamat sukses dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan kerja keras bapak dan ibu di BUMDes yang telah mengharumkan nama Riau di kacah nasional," ujar Gubri.


Meskipun masih banyak provinsi lain yang memiliki jumlah BUMDes unit usaha pangan, namun Syamsuar bangga karena omset yang dimiliki 643 BUMDes unit usaha pangan di Riau jauh lebih besar dan bahkan terbesar di Indonesia.


Gubri mengaku akan terus berupaya membesarkan dan mendorong BUMDes agar menjadi penggerak ekonomi yang biasa menjadi pelopor ketahanan pangan di desa masing-masing.


Bahkan, Gubri tetap komitmen dalam memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk desa, yang diharapkan dapat memajukan BUMDes yang bermuara pada sejahterakan masyarakat di Provinsi Riau.


"Alhamdulillah kita lebih baik prestasinya, ini patut sama-sama kita apresiasi dan kami merasa berkewajiban untuk memberikan penghargaan kepada bapak ibu direktur BUMDes, terimakasih bapak ibu telah bekerja keras dengan sepenuh hati dalam rangka membangun dan mengembangkan BUMDes di desanya masing-masing," imbuh Gubri.


Sementara itu, anggota BUMDes Raja Bejamu Mandiri Kabupaten Rokan Hilir, Ngalimin Akbar mengaku sangat senang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Syamsuar.


Ngalimin terharu, usaha kerasnya di desa bersama teman-teman yang tergabung di BUMDes diapresiasi dan diinisiasi langsung oleh orang nomor satu di Riau.


"Saya bersyukur alhmdulillah, hasil kerja keras kami di desa diinisiasi oleh Provinsi Riau yaitu pak Gubernur," ucapnya.


Wakil Ketua Forum BUMDes Provinsi Riau, Junaidi menyebut BUMDes di Provinsi Riau memiliki tingkatan, mulai dari BUMDes pemula, sedang, berkembang, dan maju.


Pada 2021 jumlah BUMDes maju di Riau sektar 202 BUMDes, namun dalam waktu satu tahun terakhir BUMDes maju di Bumi Lancang Kuning bertambah menjadi 252 BUMDes.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Riau, Syamsuar yang perhatiannya terhadap BUMDes luar biasa, sehingga kita bisa bersama berkembang dan ke depan lebih baik dan maju lagi," tutup Junaidi. 

×
Berita Terbaru Update