Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemprov Riau Gesa Perbaikan Jalan Cerenti - Air Molek

Kamis, 20 Oktober 2022 | Oktober 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-20T11:11:54Z



Pekanbaru, Pemprov Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV Dinas PUPR-PKPP tancap gas mengebut perbaikan ruas jalan Cerenti-Air Molek.


Kepala UPTJJ Wilayah IV Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Sanusi, ST, MT mengatakan, bahwa program perbaikan jalan ini merupakan instruksi Gubernur Riau Syamsuar untuk memberikan kenyamanan masyarakat.


"Perbaikan terus digesa, mudah-mudahan sebelum tahun 2023 sudah selesai fungsional Ruas Jalan Cerenti Air Molek ini," ujar Sanusi, ketika dihubungi Kamis (20/10/2022)


Sementara itu, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTJJ Wilayah IV Riau, Lutfi Hardi, ST, MT mengatakan, bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam memperbaiki jalan di Cerenti-Air Molek.


"Adapun tantangan yang kami hadapi antara lain armada yang dimiliki UPT IV itu hanya satu set untuk menangani 21 ruas jalan itu. Di antaranya, ruas jalan Cerenti-Air Molek, Air Molek-Simpang Japura. Lalu, Batu Gajah-Sei Karas, Enok perbatasan Jambi, Kuala Cinaku-Rumbai Jaya, Lubuk Jambi (Simpang Ipul dan Simpang IFA)," bebernya.


"Kemudian, ruas jalan Lubuk Kandis- Pangkalan Kasai, Pekan Heran-Teluk Kiambang Mumpa, Pematang Reba-Pekan Heran, Peranap- Simpang IFA, Rengat-Kuala Cinaku, dan Sebekek-Guntung," imbuhnya.


Dikatakan dia, truk Over Dimension Over Loading (ODOL) yang sering melintas di Ruas Jalan Cerenti Air Molek merupakan kendala di lapangan yang selalu dihadapi.


"Karena jalan tersebut harusnya hanya dapat dilewati kendaraan dengan tonase 10 ton sedangkan yang lewat lebih banyak truk dengan kapasitas 30- 40 ton," ucapnya.


Terkait dengan masih ada nya beberapa kerusakan di Ruas Jalan Cerenti Air Molek yang di bawah kewenangan UPTJJ wilayah IV yaitu, pada STA 02+500 - 15+000 , STA 23+500-43+400, STA 43+617-44+617, STA 44+930-51+080, pihaknya akan memperbaiki dalam minggu ini.


"Kita akan gesa perbaikan pada Minggu ini," sebutnya.


Namun, kata dia, terkait keluhan warga dengan Ruas Jalan Cerenti Air Molek tepatnya di STA 15+000-23+ 500, STA 43+400-43+617. Lalu, STA 44+617-44+930 (Desa Polak Pisang, Kota Medan dan Sei Lanjut), pihak UPTJJ Wilayah IV sudah berkoordinasi dengan Bidang Bina Marga Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau.


"Karena pada STA tersebut merupakan kewenangan Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau sesuai dengan MoU yang diberikan kepada UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau," ujarnya.


Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Ali Subagio mengatakan, terkait kerusakan pada STA tersebut, tahun ini pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan.


"Anggaran perbaikannya sudah kita lelang, sekarang tahap pekerjaan. Untuk pekerjaan jalan tersebut kita koordinasikan dengan UPT IV, mana yang menjadi kewenangan bidang kita kerjakan, dan kewenangan UPT mereka yang kerjakan," katanya.


Ali mengakui, kerusakan jalan Cerenti-Air Molek tersebut akibat arus lalu lintas kendaraan yang tidak sesuai dengan kekuatan jalan. Dimana ruas jalan itu banyak dilewati oleh kendaraan truk Over Dimension Over Load (ODOL).


"Jadi kita yang bangun, orang (perusahaan) yang merusak. Kalau sudah rusak, masyarakat dan pemerintah yang dirugikan," tandasnya.

×
Berita Terbaru Update