Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pasukan Adat Gagak Hitam Gelar Diskusi Kepemudaan Dalam Rangka Menyambut Hari Sumpah Pemuda ke - 94

Kamis, 27 Oktober 2022 | Oktober 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-26T18:53:30Z



Batam, Dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda ke - 94, yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, Pasukan Adat dan Marwah Gagak hitam mengajak dan merangkul seluruh elemen Ormas dan Lsm yang ada di Kota Batam dalam melaksanakan kegiatan forum Diskusi Kepemudaan yang digelar di Hotel Beverly, Lubuk Baja, Rabu (26/10/2022)




Turut hadir dalam kegiatan Diskusi Kepemudaan tersebut Walikota Batam H. Muhammad Rudi yang diwakili oleh Asisten I Pemko Batam, Yusfa Hendri, Zuriat Kerajaan Pulau Penyengat, Datok Raja Azmi atau Marjoni, Kadispora, Kesbangpolinmas, Komisi I Anggota DPRD Kota Batam.





Diskusi Kepemudaan tersebut, di usung dalam tema semangat Sumpah Pemuda bertekad bersatu membangun bangsa guna mewujudkan stabilitas sosial dan keamanan yang kondusif di Kepri.






Panglima Besar Pasukan Adat dan Marwah Gagak Hitam, Arba Udin atau akrab dipanggil Udin Pelor dalam sambutannya mengatakan, bahwa di hari sumpah pemuda yang di usia nya ke - 94 , para Pemuda /i selalu bangkit untuk bersatu dalam menuntun tercapainya sebuah cita- cita.




“Mudah- mudahan saudara kami, walaupun berlainan organisasi, ras, suku dan agama tapi ingat kita tetap di NKRI, ”ungkapnya.




Ia berharap, semoga para pemuda /i ,khusus nya di Kepri dan pada umum nya di Kota Batam akan selalu bangkit bersatu, pihaknya pun tak pernah membedakan ras, suku dan agama, karena menurut dia di mata tuhan manusia itu sama.




Pada prinsip nya, ada sebuah pesan bertuah yang dipetik sebuah kalimat dari Datok leluhur nya yang merupakan Veteran RI dalam memperjuangkan Kepri untuk indonesia, dimana kalimat itu berbunyi," Jangan kau gadaikan harga dirimu nak, demi lembaran yang berharga tanpa kau sadari kau telah menjual bangsa mu sendiri".




“Kami merasa sebagai putra daerah, mari kita saling sama sama menjaga walaupun kita berbeda tetapi kita tetap bersatu di Kepri ini,” pesan Udin Pelor.




Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran petinggi petinggi negeri dari zuriat kesultanan kerajaan yang telah datang untuk menghadiri acara tersebut.




Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.




Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27—28 Oktober 1928 di Batavia.




Adapun tujuan Sumpah Pemuda adalah membangkitkan jiwa nasionalisme para pemuda Indonesia dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.




Sementara itu, Asisten I Pemerintahan Setdako Batam Yusfa Hendri menyebutkan, sepanjang sejarah perjalanan bangsa ini, pemuda telah menunjukan kiprah nya sebelum kemerdekan dan setelah kemerdekaan.




Sumpah pemuda/i yang di gagas oleh pemuda di seluruh Nusantara pada tanggal 28 Oktober 1928 itu menjadi sebuah puncak bersatunya pemuda di nusantara yang menyatakan sebuah ikrar sebagai pemicu semangat bagi pemuda di seluruh Indonesia.




“Di tahun 45, pemuda Indonesia lah yang mendorong dan memdesak Soekarno dan bung Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia,” kata Yusfa dalam pidatonya.


Perjalanan sejarah, setelah Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1998, para pemuda kembali menunjukan jati diri nya ketika merubahnya dari orde baru menjadi orde Reformasi.


Menurut dia, ada beberapa peran dari pemuda /i di dalam pembangunan saat ini, Pertama, pemuda merupakan agen perubahan, dimana disetiap perubahan - perubahan itu selalu dimotori oleh kaum pemuda.


Kedua, pemuda sebagai agen pembangunan bahwa agen itu dimaknai sebuah perencanaan dan pelaksanaannya bahkan pemanfaatan dan pengawasan yang melibatkan generasi muda.


Ketiga, agen pembaharuan ,terlihat hampir di seluruh kegiatan perubahan yang dilakukan menjadi lebih baik karena kaum pemuda lah yang memiliki energik dan motivasi di masa mendatang.
































































editor : ken

sumber : harianteks.com


×
Berita Terbaru Update