Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Membandel, Diduga SPBU Sitorajo Kari Masih Tetap Layani Pembelian BBM Bersubsidi Menggunakan Jerigen

Minggu, 30 Oktober 2022 | Oktober 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-30T03:35:16Z



Kuantan Tengah, Sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis BBM Khusus Penugasan, Pertalite telah ditetapkan sebagai JBKP sejak 1 Januari 2022, dengan kuota dan pendistribusiannya diatur oleh pemerintah.




Untuk menjaga penyaluran Pertalite tepat sasaran, Pertamina melarang penjualan dan pembelian Pertalite menggunakan jerigen, kecuali bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani, nelayan, dan sebagainya dengan didukung surat rekomendasi dari pemerintah daerah setempat.




Namun demikian, masih saja Ada Oknum Petugas SPBU yang 'Nakal' yang tetap melakukan pengisian bbm bersubsidi dengan jerigen, 30/10/2022.


Kasus penyelewengan BBM bersubsidi di SPBU Sitorajo Kari bukan kali ini saja terjadi, tetapi sudah berulangkali dengan kategori kesalahan yang sama melayani pembelian BBM bersubsidi dengan wadah jerigen tanpa rekomendasi dari Pemkab setempat, terakhir terpantau pada tanggal 25/10/2022 lalu.


Berdasarkan keterangan dari salah seorang warga setempat, Pengisian bbm bersubsidi dengan menggunakan Jerigen oleh Operator SPBU ini diduga adanya tekanan dari salah seorang Petugas di SPBU yang berinisial BS.


"Sebenarnya bang, Operator SPBU tidak berani menerima pengisian jerigen, tetapi ditekan sama BS ini," ujarnya saat ditemui di salah satu warung kopi dekat SPBU.


"Padahal sebelumnya Pihak SPBU sudah tegas tidak memperbolehkan untukmenerima pengisian bbm bersubsidi dengan menggunakan jerigen dan tangki modifikasi," tambahnya yang juga merupakan mantan Karyawan SPBU Sitorajo Kari yang namanya minta tidak disebutkan.


Salah seorang petugas SPBU Sitorajo Kari saat dikonfirmasi riaumetropos.com yang bertugas saat kejadian Viralnya Video Pengisian BBM bersubsidi dengan menggunakan jerigen belum menjawab konfirmasi dari awak media.


Dikutip dari Media Antaranews.com PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melalui Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Taufikurachman mengatakan penyalahgunaan dan penimbunan BBM bersubsidi merupakan tindak pidana karena merugikan masyarakat dan pihak SPBU akan tindak Tegas SPBU yang 'Nakal'.


Terkait hal ini awak media mencoba Konfirmasi melalui Whistleblowing System (WBS) atau sistem pelaporan pelanggaran Pertamina dengan nomor WhatsApp Pengaduan 0811******, namun belum ada respon dari pihak terkait hingga berita ini di terbitkan.


Untuk diketahui, sebelumnya beredar di media sosial facebook beberapa Video terkait SPBU Sitorajo Kari tersebut yang memperlihatkan pengisian BBM jenis solar dan Pertalite dengan menggunakan Jerigen dan juga tengki modifikasi di SPBU Sitorajo Kari.






af


×
Berita Terbaru Update