Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubri Syamsuar Tanam Cabai dan Salurkan Bansos Rp3,25 Miliar di Bengkalis

Jumat, 14 Oktober 2022 | Oktober 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-14T14:41:30Z



BengkalisGubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bengkalis, Jumat (14/10/2022). Mantan Bupati Siak dua periode itu meluncurkan gerakan tanam cabai sekaligus menyerahkan bantuan sosial (Bansos) permakanan untuk panti asuhan dan penyandang disabilitas.




Gubri Syamsuar melakukan penanaman cabai secara simbolis bersama Ketua TP PKK Riau, Misnarni, dan Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso.


“Untuk itu, selain kami lakukan penanaman cabai, kami juga memberikan bantuan kepada panti asuhan dan penyandang disabilitas. Harapan kami dengan mendapatkan bantuan ini anak-anak bisa mendapat makanan yang seimbang dan pendidikan yang baik," ucap Gubri Syamsuar.


Gubri Syamsuar menyampaikan, bahwa kegiatan gerakan penanaman cabai yang ia lakukan itu merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).


Syamsuar mengimbau seluruh pihak agar dapat bekerja sama terutama dalam mengatasi harga cabai yang tergolong tinggi. Menurutnya dengan dilakukan pengendalian pangan, Provinsi Riau pasti bisa mencukupi kebutuhan bahan pangan.


“Ini juga perlu dukungan dari semua pihak. Bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga masyarakat dan setiap stakeholder. Bapak presiden mengarahkan kami agar penanganan [pangan] ini bisa kita kendalikan bersama,” harapnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menyambut baik program yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau. Menurutnya, gerakan tanam cabai tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat.


“Kami yakin, apa yang telah diprogramkan serta dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau menjadi kontribusi besar dalam pembangunan ekonomi masyarakat dan daerah secara menyeluruh. Terutama dalam upaya menjamin ketersediaan cadangan pangan nasional sekaligus mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadinya krisis pangan," katanya.


Diungkapkan Bagus, menurut data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkalis tahun 2021, produksi cabai di Bengkalis sebesar 1.290,64 kwintal dari luas panen 106,47 hektare Sedangkan cabai rawit 1.400,78 kwintal dari luas panen 115,70 hektare.


Namun, kebutuhan cabai di kabupaten bengkalis per tahun terdapat 3.043,2 kwintal. Dengan begitu, produksi cabai hanya mampu memenuhi 42% kebutuhan masyarakat.


"Oleh karenanya perlu kerja keras, kerja cerdas serta kerja berkualitas bersama, dalam rangka meningkatkan produksi, guna memenuhi kebutuhan cabai  masyarakat," pungkasnya.


Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Gubernur Syamsuar menyerahkan Bansos kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Kemudian, Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penyandang disabilitas. Total bantuan yang diserahkan senilai Rp3.251.020.000.


Untuk 328 penyandang disabilitas mendapat bantuan Rp600 ribu per orang. Kemudian, Bansos permakanan kepada Panti Asuhan Al-Fajar Bengkalis Rp288.800 juta.


Lalu, Bansos permakanan kepada Panti Asuhan Darusalam Bengkalis Rp75.560 juta dan Bansos permakanan kepada Panti Asuhan Dayang Dermah Bengkalis Rp128.040 juta.


Selanjutnya, Bansos permakanan kepada Panti Disabilitas Aisiyah Cabang Duri Rp131.400 juta dan Bansos permakanan kepada Panti Asuhan Al-Ghasyiyah Bengkalis Rp737.980 juta.


Ditambah lagi, Bansos permakanan kepada Panti Asuhan As-Syuhada Duri Rp310.300 juta dan Bansos permakanan kepada Panti Asuhan At-Tan’Im Bengkalis Rp212.360 juta.


Selanjutnya, Bansos permakanan kepada Panti Asuhan Ibadurrahman Rp455.980 juta dan Bansos  permakanan kepada Panti Asuhan Darul Tauhid Rp576.700 juta, dan Bansos ermakanan kepada Panti Asuhan IKHD Mandau Rp328.500 juta.

×
Berita Terbaru Update