Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubri Harap Kenduri Adat Totau Kenegerian Kubu Diusulkan Menjadi Warisan Budaya Tak Benda di Menteri Pendidikan

Rabu, 26 Oktober 2022 | Oktober 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-25T20:19:44Z



Kubu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rohil Sulaiman, dan tamu lainnya menghadiri kegiatan kenduri adat makan bersama atau totau Kenegaraan Kubu Rohil, berlangsung di halaman Masjid Al Falah Rantau Panjang Kiri, Selasa (25/10/22).


Gubri Syamsuar menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya kenduri adat totau merupakan acara mengenang masa lalu yang sudah lama tidak diselenggarakan.


Dia menginginkan, kenduri adat totau ini dapat terus dilestarikan, sehingga anak cucu serta generasi yang akan datang dapat di mengetahui adanya kenduri adat seperti saat ini."Semoga ini bisa dilestarikan agar anak cucu kita tahu," ujarnya.


Syamsuar menjelaskan, jika LAM Kenegerian Kubu sudah siap untuk melestarikan kenduri adat totau itu, maka bisa diusulkan kepada Menteri Pendidikan agar ini menjadi Warisan Budaya Tak Benda.


Karena jelasnya, di Rohil ini sudah ada Warisan Budaya Tak Benda yang dikukuhkan oleh Menteri Pendidikan, dan merupakan aset nasional. Diantaranya, tradisi Ratib Kerambai atau ritual tolak bala, dan tari Inai Pinggan Dua Belas.


"Jadi harapan kami mudah-mudahan yang dilakukan hari ini (kenduri adat totau) ditetapkan juga sebagai Warisan Budaya Tak Benda dan itulah nanti yang akan ditinggalkan kepada anak cucu kita di masa yang akan datang," ungkapnya.


Mantan Bupati Siak ini melanjutkan, Kubu ini cukup luas bahkan sampai ke daerah Bagan Sinembah, menurutnya jika semua sepakat bisa kembali membangkitkan tradisi lama tersebut.


"Kita menjunjung tinggi agar adat istiadat tetap dipertahankan, ini adalah bagiannya khasanah budaya nasional yang harus kita banggakan," tutupnya.





nadirman


×
Berita Terbaru Update