Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersatu Bangun Bangsa, Kemenkumham Riau Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Dengan Pakaian Adat

Jumat, 28 Oktober 2022 | Oktober 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-28T07:05:21Z



Pekanbaru, Sumpah Pemuda merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena menjadi tonggak dimulainya pergerakan organisasi pemuda. 




Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.




Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau menandai hari bersejarah yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober ini dengan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada halaman Kanwil Kemenkumham Riau, Jumat (28/10).




Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru dipercaya sebagai petugas upacara yang diikuti oleh perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Pekanbaru, bertindak selaku inspektur upacara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu.




Dengan mengenakan pakaian adat nasional, seluruh peserta upacara mengikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 yang mengusung tema "Bersatu Bangun Bangsa". 




Sebagai amanat, Kakanwil membacakan sambutan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali. Pada amanat tersebut disampaikan makna tema yang diusung sebagai sebuah pesan bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. 


“Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” sebut Jahari.


Lebih lanjut, beliau juga menekankan agar upaya pemberdayaan dan pengembangan pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh pemuda Indonesia. 


“Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras,” lanjut Kakanwil.


Terhadap ancaman pengangguran dan keterpukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan Kakanwil berpesan agar upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, terutama bermula dari Titik Nol Kota Nusantara.


“Kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tifak bisa dilakukan secara sendiri-sendjri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni," tutupnya.


Seluruh rangkaian upacara berjalan khidmad dan menjadi momentum untuk meningkatkan semangat jajaran Kanwil Kemenkumham dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.


















ken

×
Berita Terbaru Update