Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Media Center Daerah Diharapkan Tidak Hanya Berpacu Pada Kuantitas Tapi Kualitas

Rabu, 28 September 2022 | September 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-27T18:22:04Z



Jakarta, Direktur Pengelola Media Kemenkominfo Nursodik Gunarjo mengharapkan agar pengelolaan media center daerah tidak hanya berpacu menjadi yang terbaik berdasarkan banyaknya kontribusi berita dan foto. Akan tetapi berupaya untuk meningkatkan kualitasnya.


Kemudian ia juga menerangkan yang sangat penting lainnya untuk diperhatikan adalah bagaimana menyesuaikan pesan dari media center agar sesuai dengan agenda setting nasional yang ditetapkan Kemenkominfo.


"Jadi kuantitas penting, tetapi bukanlah segala-galanya. Nah ini yang saya kira nanti akarnya nanti adalah menuju ke narasi tunggal," katanya saat memberikan pengarahan dalam Anugerah Media Center Daerah 2022, Senin (26/9/22) malam.


Nursodik Gunarjo menyampaikan saat ini sudah ada Inpres nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik. Melalui Inpres tersebut disebutkan bahwa Kominfo dalam hal ini bertindak sebagai konduktor orkestra komunikasi publik.


Ia menjelaskan, Kominfo ada di depan tapi bukan pemimpin, tetapi hanya menyatukan narasi-narasi kementerian/lembaga dan daerah, sehingga komunikasi publik yang keluar tidak persis sama akan tetapi seirama.


"Ingat ya bapak dan ibu narasi tunggal bukan berarti hanya itu narasinya tetapi bapak dan ibu boleh mengkreasikan, tetapi suara yang keluar itu seirama. Seperti orkestra, ada yang memainkan bass, ada yang mainkan drum, ada yang memainkan biola, seruling dan lain sebagainya, tapi keluarnya enak didengar satu harmoni ya inilah yang namanya komunikasi publik," sebutnya.


Direktur Pengelola Media Kemenkominfo  mengungkapkan, salah satu yang menjadi ujung tombak dari komunikasi publik ini adalah media center.


Terangnya, komunikasi publik tidak akan bisa dilaksanakan oleh pemerintah pusat saja, akan tetapi memerlukan kolaborasi dari pengelola media center dari Sabang sampai Merauke.


Oleh karena itu menurut Nursodik Gunarjo, peran media center daerah sangat besar terutama dalam hal memenuhi hak publik terhadap informasi.


"Tentu saja jika itu bisa terpenuhi maka penyelenggaraan pemerintahan ini menuju pemerintahan yang baik cepat tercapai," tutupnya.

×
Berita Terbaru Update