Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubri Ajak Bupati/Wali Kota Dukung BUMDes Tanam Cabai Untuk Ketahanan Pangan di Riau

Senin, 12 September 2022 | September 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-12T09:39:12Z



Kampar, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak Bupati/Wali Kota se Provinsi Riau untuk mendukung gerakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tanam cabai untuk ketahanan pangan di Provinsi Riau.


Gubri menyebutkan launching gerakan BUMDes di Provinsi Riau menanam cabai ini sekaligus dalam rangka mewujudkan kecukupan ketahanan pangan bagi warga desa dan pencapaian kemandirian pangan di desa.


Ia mengharapkan, dengan adanya gerakan BUMDes maju dalam menanam cabai, maka diharapkan dapat menurunkan angka inflasi yang disebabkan oleh cabai.


"Mari kita dukung gerakan ini (BUMDes tanam cabai)," ucapnya, saat launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Riau melalui program budidaya cabai oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Riau, di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar, Senin (12/9/22).


Gubri menambahkan, terkait pengendalian inflasi tersebut, ia mengharapkan bupati/wali kota agar mengikuti arahan Presiden RI dan menjadikan arahan tersebut sebagai acuan dalam bekerja kendalikan inflasi.


Sebutnya, saat ini inflasi di Riau sudah mengalami penurunan. Akan tetapi masih perlu upaya-upaya dan kerja keras bersama dalam mengendalikan inflasi di Riau.


"Maka dari itu mari kita jaga ini bapak ibu dan harapan saya BUMDes mari kita gerakkan agar gerakan ini berjalan. Harapan kami stok beras juga diwanti-wanti, karena di Sumbar sudah beras (penyebab inflasi) tidak cabai lagi," ujarnya.


Mantan Bupati Siak menambahkan, ia juga telah berbincang dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menampung jika seandainya stok cabai di Riau berlebih, agar dibantu pendistribusiannya.


Terangnya, dengan kerja sama semua pihak, maka itulah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah agar inflasi ini tetap terjaga di Provinsi Riau.


"Kami sudah siap nanti kalau andaikata berlebihan (stok cabai), juga sudah mempersiapkan langkah selanjutnya agar nanti cabe yang ditanam ini sudah tahu kemana diarahkan," ujarnya.

×
Berita Terbaru Update