Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Untuk Meningkatkan Mental Siswa, SDN 001 Panipahan Gelar Pelatihan Drumband

Minggu, 07 Agustus 2022 | Agustus 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-07T01:34:03Z



Panipahan - Puluhan siswa dan siswi sekolah dasar negeri (SDN) 001 Panipahan Kelurahan Panipahan Kota, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau mengikuti pelatihan drumband di Lapangan SDN 0001 Panipahan, Sabtu (6/8/2022).

Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 001 Panipahan Kamaruddin, S.Pd menjelaskan pelatihan digelar setiap hari, dimulai dari 21 Juli 2022. Kemudian, pada tanggal 15 perlombaan drumband tingkat Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke- 77.

Selain itu, ada beberapa tujuan pelatihan drumband tersebut, salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan anak agar menjadi mandiri dalam memutuskan kegiatan yang akan diikutinya.

Kemudian, terangnya, untuk meningkatkan kemampuan seni musik pada jenjang sekolah dasar, juga untuk meningkatkan kemampuan motorik anak sekaligus meningkatkan kemampuan sosial dan menumbuhkan sikap kerjasama dalam memainkan alat musik.

"Yang lebih dasar lagi yakni mengurangi aktivitas anak dalam bermain gadget di dunia serba digital. Jadi banyak manfaat mengikuti pelatihan drumband ini," kata Kamaruddin.

Kamaruddin berujar, latihan drumband di SDN 001 Panipahan sebelumnya sempat fakum selama dua tahun, disebabkan pandemi Covid-19 yang melanda negeri.

Adapun latihan darumband yang digelar di ikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar yakni dari kelas 4 (empat), kelas 5 (lima) dan kelas 6 (enam) dilatih oleh Sandy Prayuda dibawah asuhan guru kesiswaan SDN 001 Panipahan, Siti Mawarni S.Pd, di bantu Zainudin, sebagai seksi perlengkapan.

Kamaruddin, S.Pd menerangkan pihak sekolah memiliki program, dimana para siswa dan siswi SDN 001 Panipahan khususnya pemain drumbend semakin trampil, latihan bukan saja dilaksanakan dalam rangka untuk memperingati hari kemerdekaan semata, melainkan tetap melaksanakan latihan di hari-hari biasa.

Agar pemain drumband di SDN 001 Panipahan tidak terputus sampai di sini saja, pihak sekolah pun melibatkan siswa/i kelas 4 dan 5 ikut dalam pelatihan. Tujuannya, jika siswa/i kelas 6 sudah tamat, nantinya siswa/i kelas 4 dan 5 sudah siap untuk mengisi kekosongan siswa kelas 6 tersebut.

Untuk meningkatkan mental seluruh siswa dan siswi SDN 001 Panipahan, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 001 Panipahan Kamaruddin, S.Pd melibatkan pelatih dan para guru pada program drumband dan mengikut sertakan pada lomba drumband tingkat Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Kedepan, pihak sekolah merencanakan ikut serta dalam perlombaan tingkat kabupaten, dengan ikut perlombaan tersebut diharapkan bisa meningkatkan mental siswa dan siswi SDN 001 Panipahan, Kecamatan Palika.

"Sekaligus memotivasi kami untuk menjadikan SDN 001 Panipahan bisa unggul di Kecamatan Palika, dan bisa bersaing di tingkat kabupaten," pungkasnya. 

×
Berita Terbaru Update