Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pertama di Indonesia, Gubri Resmikan Mall Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi Rutin

Kamis, 11 Agustus 2022 | Agustus 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-11T04:51:43Z



Pekanbaru, Pertama di Indonesia, Mall Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi rutin yang diinisiasi oleh Pemprov Riau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau diresmikan penggunaannya, terletak di Gedung Arsip Dinkes Riau Jalan Melur Pekanbaru.

Mall Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi rutin ini diresmikan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Yudhi Pramono, Kepala Dinkes Riau, Zainal Arifin, serta dihadiri tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui Mall Vaksinasi tersebut dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin vaksin, bisa langsung datang ke lokasi dengan membawa kartu identitas KTP. Atau bisa pula mendaftar terlebih dahulu melalui link online barcode yang telah disediakan.

Setiap harinya, di lokasi mall vaksinasi tersebut melayani masyarakat untuk vaksin dengan pelayanan 500-600 dosis vaksinasi per hari serta di lokasi  juga melakukan imunisasi rutin seperti, imunisasi BCG, polio, campak, rubella, dan lain-lainnya.

Gubri menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Mall Vaksinasi tersebut. Dengan adanya pelayanan vaksinasi ini, maka diharapkan dapat meningkatkan target masyarakat yang divaksin di Provinsi Riau.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya Mall Vaksinasi COVID-19 di Kota Pekanbaru bisa hadir pula di kabupaten/kota lainnya, bisa di Kampar, Tembilahan, Dumai dan lainnya. Semuanya adalah untuk memberikan pelayanan yang baik (vaksinasi) kepada masyarakat," ungkapnya, Kamis (11/8/22).

Sementara itu, Kepala Dinkes Riau Zainal Arifin menyampaikan alasan didirikannya Mall Vaksinasi tersebut atas arahan Gubernur Riau untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Program yang menguntungkan masyarakat harus prioritaskan  dan masyarakat harus di nomor satukan.

Terkait hal itu, Dinkes Riau bekerja sama dengan Dinkes Kota Pekanbaru membuat kebijakan dibukanya rumah vaksin 24 jam di Kota Pekanbaru selama Bulan Ramadan dan 10 Hari di Bulan Syawal lalu. Atas perkembangan kegiatan tersebut, rumah vaksinasi   banyak dikunjungi oleh masyarakat hingga malam hari, bahkan sampai 400 hingga 500 orang yang membutuhkan vaksin per harinya.

Karena tingginya animo masyarakat yang berkunjung ke bekas rumah vaksinasi 24 jam walaupun sudah ditutup dan kemungkinan meningkatnya kasus, dan belum ada pelayanan vaksinasi secara komprehensif dan mudah diakses oleh masyarakat di Kota Pekanbaru khususnya Provinsi Riau. Serta adanya masukan dari praktisi kesehatan masyarakat maka Dinkes Riau bersama Dinkes Kota Pekanbaru merasa perlu untuk membuka pelayanan kepada masyarakat yakni melalui Mall Pelayanan Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi rutin.

"Dengan berkonsultasi dengan Gubernur Riau Syamsuar dan masih tingginya animo masyarakat untuk divaksin, kami merasa perlu membuka mall vaksinasi yang akan melayani masyarakat untuk divaksin," ungkapnya.

Peresmian mall vaksinasi tersebut dibukakan dengan dilakukannya pemotongan pita dan tumpeng serta diberikan pula penghargaan sebagai bentuk ucapan terima kasih terhadap mitra yang telah berkontribusi terhadap peresmian mall tersebut.

Adapun beberapa mitra itu di antaranya, Relawan COVID-19, PT PHR, Rumah Sakit Awal Bros, Aulia Hospital, Pegadaian, BRI, Rumah Sakit Prima, Rumah Sakit Santa Maria, Eka Hospital, Rumah Sakit Syafira, UNICEF, PTPN V, Kimia Farma, BPJS Kesehatan, Smile.

×
Berita Terbaru Update