Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemenkumham Berhasil Pecahkan Rekor MURI Penyelenggara E-SPORT Dengan Peserta ASN Terbanyak

Senin, 08 Agustus 2022 | Agustus 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-08T06:39:35Z



Jakarta - Dalam rangka menyemarakkan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022, Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar kompetisi e-sport yaitu PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile dan Mobile Legends Bang Bang (MLBB).

Dengan terselenggaranya kompetisi ini Kementerian Hukum dan HAM mencatatkan dua rekor di bidang Esports pada Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu 07 Agustus 2022.

Rekor MURI diterima atas penyelenggaraan e-sports dengan peserta Aparatur Sipil Negara Terbanyak, yaitu 3.326 orang yang terbagi 668 tim. Para peserta merupakan pegawai Kemenkumham yang berasal dari Satuan Kerja di seluruh Indonesia.

Tak mau ketinggalan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau juga ikut meramaikan kompetisi ini dengan mengirimkan atlet e-sport terbaiknya. "Untuk permainan MLBB karena slot pendaftaran yang terbatas, Kanwil Kemenkumham Riau mengirimkan 3 tim yang akan menjadi utusan yaitu tim Kantor Wilayah, Lapas Pekanbaru dan Rudenim Pekanbaru. 3 tim ini telah lulus seleksi karena berhasil unggul melawan satuan kerja lainnya di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Jahari Sitepu saat mengikuti kegiatan Pembukaan Grand Final secara virtual. Para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Riau juga mengikuti kegiatan pembukaan ini secara virtual di tempatnya masing-masing.

"Sedangkan untuk permainan PUBG Mobile, panitia pusat tidak membatasi jumlah tim yg bertanding, sehingga satuan kerja di lingkungan Kanwil Riau dapat mengirimkan tim PUBG terbaiknya untuk berkompetisi dengan tim lain se Indonesia," ujar Jahari Sitepu. Namun dari dua permainan ini, utusan Kanwil Kemenkumham Riau harus tumbang pada tahap penyisihan dan mengakui kehandalan tim lain lawan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menjelaskan e-sports merupakan salah satu cabang olahraga yang diakomodir oleh Persatuan Olahraga Pengayoman Kemenkumham. "Esports layak dikompetisikan di Kemenkumham karena mengasah kemampuan pegawai seperti strategi, kecepatan, dan ketangkasan seperti cabang olahraga lainnya. Esports, lanjut Andap, memenuhi unsur sportivitas, unsur prestasi, dan unsur kompetitif," jelas Andap pada pembukaan Grand Final, Minggu (07/02).

"Jadwal kegiatan sudah kami atur yakni dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 6-7 Agustus 2022 supaya pelayanan publik Kemenkumham tidak terganggu. Peserta Esports tetap melaksanakan pelayanan pada hari kerja seperti biasanya," sambung Andap selaku Ketua Umum Peringatan Hari Kemenkumham 'HDKD Ke-77' Tahun 2022.

Esports sendiri telah diakui oleh Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai cabang olahraga resmi di Indonesia sejak tahun 2020. Dengan penetapan ini, Esports dapat dipertandingkan secara resmi sebagai cabang olahraga.







ken

sumber : humas kemenkumham ri


×
Berita Terbaru Update