Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jarak Pandang Terbatas, Pesawat Citilink Gagal Mendarat di Pekanbaru

Kamis, 04 Agustus 2022 | Agustus 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T05:18:12Z



Pekanbaru - Jarak pandang terbatas akibat kabut, mengganggu penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru membuat 1 pesawat citilink gagal mendarat.

Officer In Charge (OIC) Bandara SSK II Pekanbaru, Hasnan menyebutkan seharusnya pesawat citilink itu terjadwal mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru. Namun, kabut tebal membuat pilot Citilink QG936, meminta pengalihan ke Bandara Hang Nadim, Batam.

"Cuaca berkabut di Bandara SSK II, mengakibatkan dialihkannya penerbangan Citilink QG936, dari CGK (Jakarta) ke Bandara Hang Nadim Batam, membawa 126 Penumpang," ujarnya Kamis (4/8).

Tak hanya pesawat Citilink QG936 yang kena imbas, dua pesawat lainnya sempat berputar-putar di atas landasan Bandara SSK II Pekanbaru, karena tidak bisa mendarat atau landing. Tapi setelah 1 jam putar-putar, kedua pesawat itu akhirnya diizinkan mendarat.

“Untuk Pesawat Batik air ID6856 dari Bandara CGK mendarat di Bandara SSK II sekitar pukul 08:15 WIB, mengalami delay satu jam. Lalu Superjet dari CGK dapat mendarat pada pukul 08:26 WIB, mengalami delay 45 menit,” jelasnya.

Meski demikian, Hasnan memastikan untuk keberangkatan dari Bandara SSK II Pekanbaru ke kota bandara lainnya seluruhnya aman.

"Kalau untuk jadwal keberangkatan dari SSK II normal. Kondisi yang terganggu hanya kedatangan," katanya.

Terpisah sebelumnya, Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Fitri saat dikonfirmasi mengatakan, jarak pandang di Kota Pekanbaru pagi tadi tepatnya pukul 07.00 hanya 400 meter saja.

"Pagi ini jarak pandang hanya 400 meter. Rendahnya jarak pandang ini disebabkan oleh adanya kabut," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Fitri, Kamis (4/8/2022).

Ia mengatakan kabut ini disebabkan oleh kelembaban yang tinggi di permukaan. Fenomena ini hanya fenomena biasa dan hanya akan berlangsung sebentar saja.

"Itu kan uap air, karena uap air, dia akan menghilang jika terkena panas. Karena menguap kan ke atas. Jadi tinggal nunggu panas saja. Kalau sudah panas, kondisi akan normal seperti semula," sebutnya.

Sebagai informasi untuk suhu Udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 10 – 35 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).

×
Berita Terbaru Update