Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

GP Ansor Rohil Dukung Penuh Hak dan Perjuangan DPH MTKESMKK

Kamis, 11 Agustus 2022 | Agustus 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-11T06:55:50Z



Rokan Hilir, Dalam agenda kunjungan dann silaturahmi GP Ansor ROHIL ke Sekretariat DPH Majelis Tinggi Kerapatan Empat Suku Melayu Kenegerian Kubu Kab. Rohi yang beralamat di Komplek Platinum Water Park KM 05 Kelurahan Bahtera Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rohil, Kamis 11/08/2022.

Dalam rombongan gerakan pemuda Ansor Rohil ini langsung di pimpin Ketua GP Amsor Fauzi Gunawan dan di dampingi pengurus-pengurus lainya. Sementara itu dari pihak DPH MTKESMKK Majelis Tinggi Kerapatan Empat Suku Melayu Kenegerian Kubu Rohil langsung di terima ketuanya Datuk Nurdin Muhammad Tahir yang juga bergelar Encik Wira Siak ini.

Ketua DPH MTKAESMKK saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat What Shapnya mengatakan, Adapun kunjungan dan silaturahmi yang lakukan oleh GP Ansor Kab. Rohil ini yaitu, ingin memberikan dukungan penuh terhadap perjuangan-perjuangan tanah adat ulayat yang di lakukan oleh Datuk Nurdin dan pengurus MTKAESMKK," kata Datuk Nurdin.

" Kami menyambut baik dan mengapresisiasi serta berterima kasih dengan semangat anak-anak muda dari unsur GP Ansor Rohil ini dan berharap dari unsur-unsur elemen OKP-OKP nasional lainnya yang berada di Rohil ini dapat melakukan hal yang sama," harap Datuk Nurdin.

Dan kami tidak menutup diri untuk melakukan kerja sama demi menjaga narwah serta memperjuangkan hak-hak komunal masyarakat hukum adat, dengan demikian kita berharap terjalin pulalah silahturahmi demi kemaslahatan umat pada umumnya," ungkap Encik Wira Siak ini.

Ketua GP Ansor Kabupaten Rokan Hilir Fauzi Gunawan ketika dijonfirmasi awak media melalui pesan singkat What Shapnya mengatakan, Dukungan PC Ansor Rohil ke Majlis Tinggi Kerapatan 4 Suku Kenegerian Kubu Rokan Hilir memperjuangkan Tanah Adat atau Ulayat, sekaligus menyerahkan Buku Napak Tilas Wali Tanah Melayu Riau," jelas Fauzi Gunawan.

Sehubungan adanya perlindungan hukum bagi pemegang hak adat atas tanah ulayat, tidak lepas dari ketentuan Pasal 18 ayat (2) UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia, secara tegas negara mengakui dan memberikan pengakuan dan menghormati kesatuan masyarakat hukum adat termasuk hak-hak tradisionalnya," kata Fauzi.

" Maka kami dengan ini memberikan dukungan penuh kepada DPH MTKESMKK (Majlis Tinggi Kerapatan Empat Suku Melayu Kenegerian Kubu) Roak Hilir dalam memperjuangkan hak-hak atas Tanah Adat atau tanah Ulayat sebagai rasa tanggung jawab kita sesama anak negeri," ungkapnya.

Kenapa kita harus memperjuangkan tanah ulayat atau tanah ada? " Karena Tanah Ulayat atau Adat adalah milik masyarakat Adat dan segala sesuatu yang terkandung didalam nya, Negara juga mengakui dan menghormati akan adanya Tanah Adat atau tanah Ulayat," terang Fauzi Gunawan.

" Lantas mengapa Tanah Adat atau tanah Ulayat sampai hari ini menjadi sengketa? Bukankah mereka perusahaan-perusahaan tersebut juga harus menghormati keputusan Negara yang telah melindungi hak atas Tanah Adat atau tanah Ulayat beserta tradisionalnya," ujar Fauzi.

Maka dari itu, sangatlah penting bagi kita untuk memperjuangkannya, karena Adat dan tradisional serta segala sesutu yang berkaitan dengannya adalah merupakan ciri Bangsa kita yang kemudian dibingkai dalam Kebhinekaan," imbuhnya.

Kita akan adakan dialog terbuka antar tokoh adat, pemerhati lingkungan dan praktisi hukum. Kita menghimbau kepada semua OKP dan Ormas yang ada di Kabupaten Rohil, baik tu yang primodial maupun organisasi Nasional, sebagai wujud tanggung jawab kita kepada Tanah Adat kita yang sekarang lagi diperjuangkan," himbau Fauzi.

Begitu juga kepada Pemerintah Rokan Hilir dalam hal ini, khususnya Bupati Rokan Hilir, agar segera sigap dan serius untuk melaksanakan hasil pansus DPRD Provinsi Riau bersama majlis tinggi kerapatan empat suku kenegerian Kubu Rokan Hilir, karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat banyak dan kebutuhan umum, terkhusus masyarakat tempatan dan masyarakat adat," paparnya.

Dalam acara penyerahan surat dukungan tersebut, GP. Ansor juga memberikan hadiah buku tentang Napak Tilas Wali Tanah Melayu Riau, sebagai karya kader Ansor seriau yang dibukukan oleh Pimpinan Wilayah Ansor Riau," tutur Fauzi Gunawan.

×
Berita Terbaru Update