Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Asisten I Pimpin Rapat Pembahasan dan Penanganan ODGJ

Rabu, 03 Agustus 2022 | Agustus 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-03T08:52:34Z



Pekanbaru - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi  Riau, Masrul Kasmy pimpin rapat pembahasan dan penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).Bertempat di Ruang Rapat Perekonomian Menara Lancang Kuning, Rabu (3/8).

Masrul mengatakan rapat ini perlu diadakan untuk membahas mengenai kondisi dilapangan terkait penanganan ODGJ.

“Kita akan padukan menjadi standar operasi atau SOP kalau terjadi sesuatu yang berkaitan dengan temuan ODGJ atau tindak lanjutnya,” ujarnya.

Asisten I menuturkan, yang terjadi selama ini mengenai konteks ODGJ dipandang hanya tanggung jawab Dinas Sosial (Dinsos) saja. Namun pada kenyataannya dalam penanganan ODGJ diperlukan koordinasi beberapa OPD terkait.

“Namun dalam faktanya dilapangan seolah - olah ini semua harus dilakukan oleh Dinsos. Jadi kita akan satukan, ujung - ujungnya sebuah standar operasi terstruktur. Nanti dari standar itu akan terlihat bagaimana peran dari masing - masing OPD,” jelasnya.

Adapun pengelolaan dan penyusunan SOP menjadi wewenang Biro Organisasi. Untuk itu Masrul berkata perlu adanya pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini.

“Sehingga produk yang kita harapkan ini bisa menentramkan OPD. Artinya tidak tolak menolak. Saat kondisi dilapangan kita tahu apa yang harus kita lakukan. Karena ini akan berpengaruh terhadap kinerja pemerintah sendiri,” ujar Masrul.

Asisten I berharap Dinsos dapat menjadi leading sector dalam mempersiapkn tim lintas OPD dalam menangani hal ini, serta mempersiapkn rapat lanjutan pada minggu depan yang akan datang.

“Dibuat timnya dulu. Nanti baru diperkuat seluruh OPD yang dirasa bisa memberikan dukungan seperti Satpol PP, Disnaker, Diskominfo,” tutup Asisten I.

Turut hadir dalam kegiatan Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Kepala Dinas Sosial Riau Tengku Zul Efendi, Sub Koordinator Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Dinas Kesehatan Prov. Riau, Nunung Kemala Sari, Sub Koordiantor Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Bappedalitbang, Ari Dianuari, dan OPD terkait lainnya.

×
Berita Terbaru Update