Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antisipasi Adanya Calo di Kantor Imigrasi Pekanbaru, Kakanwil Kemenkumham Riau Lakukan Sidak

Rabu, 03 Agustus 2022 | Agustus 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-03T11:41:34Z



Pekanbaru – Untuk memastikan jajarannya menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peraturan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu diam-diam mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru untuk melakukan inspeksi mendadak, Rabu (03/08). 

Disambut dengan sigap oleh Kepala Kanim Pekanbaru, Syahrioma Delavino, Kakanwil memantau proses permohonan paspor, layanan pengaduan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor.

“Meskipun jumlah pemohon paspor mulai meningkat signifikan, tidak boleh menjadi alasan untuk menurunkan standar kualitas pelayanan kita. Pelayanan harus tetap prima, ramah, bebas dari pungutan liar dan bebas dari calo,” pesan Kakanwil kepada jajaran imigrasi di Kanim Pekanbaru.

Kepada para pemohon pembuatan paspor, Jahari bertanya langsung terkait pelayanan yang diterima dan memastikan tidak ada pelanggaran prosedur. 

“Seluruh tarif proses pembuatan paspor telah dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jadi kalau ada yang meminta biaya melebihi ketentuan yang berlaku, jangan segan-segan untuk melaporkan. Akan kami tindak secepatnya,” ujar Jahari kepada pemohon.

Tidak lupa, beliau juga memberi saran kepada pemohon agar memanfaatkan layanan M-Paspor demi menghindari antrean yang panjang dan menumpuk. 

Sebab melalui layanan M-Paspor pemohon dapat menentukan sendiri waktu untuk melakukan wawancara dan waktu pengambilan paspor. 

Bagi pemohon yang melakukan permohonan pembuatan paspor secara kolektif dapat memanfaatkan fasilitas eazy passport, yakni layanan pembuatan paspor jemput bola yang akan dilakukan oleh petugas keimigrasian langsung ke lokasi pemohon.










ken

sumber : humas kanwil kemenkumham riau


×
Berita Terbaru Update