Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ini Kata Imigrasi Batam Terkait WNA Wajib Sertai Foto, Sidik Jari dan Stiker di Paspor

Minggu, 17 Juli 2022 | Juli 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-17T08:31:14Z
Ilustrasi. Sejumlah wisatawan mancanegara (Wisman) berjalan di area Pelabuhan Internasional Batamcenter.


RIAUMETROPOS.COM

Batam - Aturan terkait WNA yang berkunjung ke Indonesia diwajibkan menyertai foto, sidik jari dan stiker di paspor ternyata sudah diberlakukan sejak tahun 2010 lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Tessa Harumdila.

Ia mengatakan aturan tersebut sudah menjadi aturan wajib bagi setiap WNA yang masuk ke wilayah Indonesia.

“Aturan itu berlaku untuk seluruh Imigrasi Bandara dan Pelabuhan Internasional se-Indonesia. Memang mewajibkan seluruh WNA yang masuk untuk foto, sidik jari dan tempel stiker, aturan ini di seluruh Indonesia,” terangnya.

Menurut dia, aturan terkait syarat WNA masuk ke Indonesia sudah ada sejak tahun 2010 lalu. Pihaknya hanya menjalankan sesuai aturan yang ada.

“Selama ini seperti itu juga. Kemungkinan ada keluhan itu, karena adanya peningkatan volume penumpang, jadi tak bisa dipungkiri terjadi antrean lebih lama. Untuk WNA masuk memang lebih ketat,” jelas Tessa.

Dijelaskan Tessa, pihak nya juga sudah mengantisipasi antrean itu dengan memaksimalkan petugas Imigrasi. Seeprti di Pelabuhan Batamcenter, khusus di kedatangan ada 8 petugas cap paspor.

“Kami sudah maksimalkan, namun karena volume penumpang, antrean tak bisa dihindari,” ungkap Tessa.

×
Berita Terbaru Update