Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubri Syamsuar di Wakili Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan Resmi Buka Kegiatan Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang

Kamis, 28 Juli 2022 | Juli 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-28T07:18:48Z



Pekanbaru - Gubernur Riau, Syamsuar dalam hal ini diwakili Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi  Riau, M. Job Kurniawan buka  kegiatan seminar Nasional pemanfaatan ruang untuk investasi dan pembangunan daerah provinsi serta kongres Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Prov. Riau tahun 2022 di ruang Auditorium HM Rusli Zainal Kantor Dinas PUPR Riau Kamis (28/7).

Dalam sambutannya Asisten II mengatakan berbagai langkah strategis telah digencarkan pemerintah dalam hal reformasi kebijakan publik guna merangsang pertumbuhan daerah yang inklusif dan berkeadilan.

“Hal ini sebagai jawaban dari situasi ketidak pastian,” ujarnya.

Dalam hal menentukan kebijakan yang inklusif, dan berkeadilan, M. Job melihat perlu adanya dorongan kepada para pemangku kebijakan untuk memiliki kerangka berpikir yang baik dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dilapangan.

Hal ini dikarenakan para pengambil kebijakan kerap kali dihadapkan dengan situasi dimana mereka dituntut dapat untuk mengkalkulasi keputusan dengan cepat dan terukur.

“Faktanya, sebagian kebijakan dapat memberikan kondusifitas bagi ekonomi, sosial maupun lingkungan dengan tingkatan yang beragam, atau pun sebaliknya,” jelas Asisten II.

Acapkali aturan yang sudah ada bergesekan dengan kondisi dilapangan dan munculnya aturan - aturan baru.

Menanggapi hal tersebut, Asisten II memandang pengambil kebijakan perlu menyikapi permasalahan ini.

“Jangan sampai diatas minyak, dibawah minyak, kita tergelincir ditengah,” tegas Asisten II.

M. Job mengingatkan para pemangku kebijakan untuk konsisten dalam menjalankan aturan yang berlaku.

“Kewenangan yang sensitif pada beberapa kebijakan tentu memiliki peran penting untuk distribusi penguatan ruang sebagai tantangan dalam proses keterpaduan, keterkaitan dan keseimbangan perkembangan antara wilayah serta keserasian antar sektor yang dilakukan pemerintah,” tutupnya.

Melalui kegiatan ini, Asisten II berharap pengambil kebijakan serta pihak yang berkepentingan dapat membangun pemikiran yang kritis guna mewejudkan ruang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan yang berlandaskan wawasan Nusantara dan ketahanan Nasional.

Seminar dengan tema ‘Seni Mengelola Ruang di Era Ketidakpastian’ ini juga turut dihadiri oleh, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, M. Arief Setiawan, Ketua Umum IAP Nasional, Hendricus Andy, Pembina IAP Riau, Mardianto Manan, Akademisi ITB, Sonny Yuliar, Akademisi Universitas Brawijaya, Fauzul Rizal.

×
Berita Terbaru Update