Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bakar Tongkang Diusulkan Masuk Kalender Pariwisata Kota Batam

Minggu, 17 Juli 2022 | Juli 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-17T08:16:46Z

Sekda Kota Batam, Jefridin (dua dari kiri) menghadiri tradisi bakar tongkang yang digelar warga Batam asal Bagansiapiapi Rokan Hilir. Foto: Diskominfo Kota Batam 




RIAUMETROPOS.COM

Batam - Perayaan Upacara Bakar Tongkang yang ditaja warga Batam asal Bagansiapiapi Rokan Hilir akan masuk dalam kalender pariwisata Kota Batam.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, budaya tersebut sangat menarik.

Menurutnya, perayaan yang biasa digelar di Bagansiapiapi ini merupakan khazanah budaya yang ada sejak dahulu dan mewarnai ragam budaya di Indonesia.

“Bakar tongkang ini adalah adat budaya pendahulu kita, ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Sekarang tak hanya di Bagansiapiapi, alhamdulilah sampai ke Batam,” ucapnya.

Ia yakin kegiatan ini akan membawa faedah. Salah satunya yaitu sebagai sarana silaturahmi warga guna merekatkan persaudaraan dan persatuan. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dapat andil sebagai iven kepariwisataan.

“Kalau mau masuk dalam kalender pariwisata, silahkan diajukan tertuju ke wali kota. Nanti kami rembuk, Insha Allah kami mendukung,” katanya.

Ia menjelaskan, sektor pariwisata menjadi perhatian Pemko Batam. Infrastruktur jalan dan pintu masuk, yang merupakan bagian dari aksesbilitas terus dikembangkan.

Tak hanya itu, sektor potensial ini juga didukung amenitas yang mumpuni, seperti hotel, pusat pembelanjaan hingga restoran.

“Kalau kita bisa banyak hadirkan wisatawan, ini luar biasa. Mereka pasti akan nginap di hotel, makan di restoran. Belum lagi transportasi, belanja dan sebagainya, ini akan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) buat Batam,” papar dia.

PAD tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan yang berkelanjutan. Seperti yang kini gecar dilakukan, infrastruktur Batam masif dibangun.

“Tapi yang juga penting kegiatan ini membuat silaturahmi tetap terjaga. Silahkan ajukan ini untuk masuk ke kalender pariwisata,” jelasnya.

Upacara Bakar Tongkang tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang ke-23 kalinya dan didukung Klenteng Cetya Upho Sakadarma.















ken

sumber : batampos


×
Berita Terbaru Update