Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Rohil Afrizal Sintong S.IP Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tower LPP TVRI

Jumat, 10 Juni 2022 | Juni 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-10T11:00:59Z

 




RIAUMETROPOS.COM


Rokan Hilir,



Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong secara langsung melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tower dan bangunan LPP TVRI di LenggadaiHilir, Kecamatan Rimba Melintang, Jumat (10/6/2022).

Peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri Sekda Rohil Feri H Parya, Direktur Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo Marvel Parsaoran Situmorang, Kepala TVRI Stasiun Riau Darma Setiawan, Danramil 05 RM Kapten Inf Alfarizi, Camat Rimba Melintang Sukirman serta berbagai unsur lainnya.

Marvel Parsaoran Situmorang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Rohil yang secara langsung melakukan peletakan batu pertama pembangunan tower tersebut. 

Pembangunan ini katanya, merupakan kelanjutan dari penyerahan hibah tanah yang diberikan Pemda Rohil yang berada di Jalan Lintas Bagansiapiapi kepenghuluan Lenggadai, Hilir Kecamatan Rimba Melintang untuk pembangunan tower stasiun TVRI. 

"Tentunya momentum ini menunjukkan keseriusan dari LPP TVRI dan juga dari Kementerian Kominfo serta pemerintah daerah guna mewujudkan salah satu misi yang terus kami kejar dan kami prioritaskan yakni pemerataan penyebaran informasi dengan menjangkau seluruh masyarakat," katanya. 

LPP TVRI sambungnya, sebagai lembaga penyiaran publik secara aktif mengambil bagian dalam pembangunan dengan terus membangun stasiun penyiaran di Indonesia yang dilandasi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2005 tentang lembaga penyiaran publik dan juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2022 dengan tujuan untuk melestarikan dan Memajukan nilai-nilai budaya dan persatuan Indonesia.

"Saat ini LPP TVRI telah memiliki 30 stasiun yang tersebar hampir di seluruh provinsi yang ada di Indonesia dengan total stasiun pemancar berjumlah 361 digital yang keseluruhannya menjangkau sekitar 72 persen wilayah di kabupaten dan kota di Indonesia," jelasnya.

Dengan hadirnya pemancar TVRI di kabupaten Rohil sebutnya, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Rohil lewat informasi yang nanti akan di sajikan secara bersama dan akan di siarkan melalui kanal nasional.

"Saya mewakili LPP TVRI dan juga rekan-rekan dari TVRI stasiun Riau menyampaikan terimakasih yang tidak terhingga dan apresiasi Kepada Bupati Rohil dan juga Kementerian komunikasi dan Informatika atas bantuan lahan transmisi, termasuk pembangunan gedung peralatan pendukung yang sepenuhnya dibiayai oleh kominfo," katanya. 

Kepala TVRI Stasiun Riau Darma Setiawan dalam sambutannya mengatakan bahwa, perubahan siaran televisi diawali dengan yang analog kemudian berubah ke siaran digital.

"Di industri penyiaran Sudah lama kita berkutat dengan teknologi analog saat ini, oleh perkembangan teknologi tersendiri kita di kawasan ASEAN ini menjadi suatu negara yang bisa dibilang tertinggal. Sementara negara tetangga kita dari Riau yang paling dekat adalah Singapura dan Malaysia itu sudah berubah ke teknologi digital dari tahun 2019," terangnya.

Setelah pembangunan menara Stasiun transmisi ini selesai katanya, maka masyarakat Rohil nantinya akan bisa menerima berbagai siaran TV tanpa menggunakan parabola. 

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini Rohil sangat sulit mendapatkan siaran TV nasional apalagi TVRI jika tidak menggunakan parabola. 

"Dengan adanya pembangunan ditempatkan ini kami merasa bangga karena bisa memberikan  potensi-potensi dari daerah kami untuk dikembangkan, diberitakan, dan bisa diinformasikan ke seluruh Indonesia secara nasional," paparnya. 

Bupati memaparkan, salah satu solusi kebutuhan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dari televisi analog menuju digital yang telah direncanakan mulai pengalihan siaran TV analog atau analog switch off.

Dimana tambahnya, ada tiga tahap yaitu tahap pertama 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022 serta tahap ketiga 2 November 2022.

"Dan untuk wilayah Kabupaten Rohil sendiri mendapat periode pengaliran siaran TV analog pada tahap ketiga yaitu November 2022," jelasnya. 

Bupati juga berharap pembangunan transmisi itu dapat berjalan dengan lancar dan dapat dilakukan dengan tepat waktu. Sebab katanya, dengan berdirinya transmisi yang nantinya akan berdiri di Kabupaten Rohil akan semakin memberdayakan berbagai informasi penting terutama publikasi potensi-potensi yang dimiliki di wilayah kabupaten Rohil kepada pihak luar secara nasional.














rilis



×
Berita Terbaru Update