Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Aplikasi PPDB SMA/SMK di Riau Resmi Di Launching, Ini Jadwal Pendaftarannya

Senin, 20 Juni 2022 | Juni 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-20T09:51:05Z

Plt Kadisdik Riau, Job Kurniawan

 



RIAUMETROPOS.COM


Pekanbaru, Aplikasi website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK Negeri sederajat secara online tahun ajaran 2022/2023 di Provinsi Riau resmi dilaunching.

Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, didampingi Plt Kadisdik Riau, Job Kurniawan dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Erisman Yahya, berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (20/6/2022).

Plt Kadisdik Riau melaporkan, dalam pelaksanaan PPDB di Riau bersifat kolaborasi antara Dinas Pendidikan Riau sebagai leading sektor, bekerja sama dengan Diskominfotik Riau dan tim supporting pusat data nasional Kementerian Kominfo RI dan tim it security assessment Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia.
 
"Kami ucapan terima kasih kami kepada semua pihak yang telah mendukung kami dalam kelancaran launching PPDB online tahun 2022 ini," ucapnya.

Job Kurniawan menyampaikan, dasar hukum pelaksanaan PPDB ini adalah Permendikbud Dikti nomor 1 tahun 2021 tentang penerimaan peserta didik baru pendidikan dasar dan menengah, Peraturan Gubernur Riau Nomor 12 Tahun 2022 tanggal 18 Maret 2022 tentang PPDB pada jenjang SMA dan SMK Negeri di provinsi Riau Tahun 2022.

Ia melanjutkan, metode penerimaan PPDB pada tahun pelajaran 2022/2023 jenjang SMA Negeri dan SMA Negeri se Riau tahun pelajaran 2022/2023 dilakukan secara online. 

Sebutnya, melalui PPDB online masyarakat pengguna layanan akan dengan cepat mendapat informasi dan pada saat yang bersamaan pula masyarakat dapat memiliki waktu untuk menentukan pilihan-pilihan yang sesuai potensi peserta didik berdasarkan permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB ada 4 jalur yang dapat ditempuh oleh masyarakat.

"Empat jalur itu yang pertama adalah jalur zonasi 50% dari kapasitas, jalur afirmasi 15% dari kapasitas, jalur perpindahan orang tua 5% dari kapasitas, dan di jalur prestasi 30% dari kapasitas," sebutnya.

Plt Kadisdik Riau yang juga menjabat sebagai Asisten II Setda Riau ini menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi siswa dalam PPDB ini. Diantaranya, calon peserta didik maksimal berusia 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2022 tahun berjalan.

"Calon siswa SMA/SMK harus memiliki ijazah SMP sederajat atau surat keterangan lulus atau surat keterangan lainnya, memiliki rapor, akte kelahiran atau surat keterangan lahir dan Kartu Keluarga," ungkapnya.

Job Kurniawan melanjutkan, untuk daya tampung SMA dan SMA Negeri memperhitungkan peserta didik dalam satu rombongan belajar yang akan dikalikan dengan jumlah rombongan belajar yang akan diterima, dikurangi dengan jumlah siswa yang tinggal kelas pada tahun ajaran sebelumnya dan lainnya. 

Ia menerangkan, jumlah daya tampung peserta didik pada SMA Negeri dalam satu rombongan belajar antara 20 sampai 36 siswa. Untuk daya tampung peserta jenjang SMK Negeri dalam satu rombongan belajar antara 15 sampai 36 siswa.

Kemudian, rombongan belajar SMA Negeri paling sedikit tiga rombongan belajar dan paling banyak 12 rombongan belajar. Dan rombongan belajar SMK paling sedikit tiga rombongan belajar dan paling banyak 72 orang rombongan belajar, masing-masing tingkatan sebanyak 24 rombongan belajar.

Plt Kadisdik ini menambahkan, jadwal pelaksanaan PPDB dimulai dari pra pendaftaran dengan upload dokumen dari mulai hari ini tanggal 20 Juni sampai dengan 25 Juni 2022. 

Kemudian, pendaftaran atau pemilihan sekolah akan dilaksanakan dari tanggal 27 Juni sampai dengan 1 Juli 2022. Pengumuman penetapan peserta didik baru pada tanggal 6 Juli tahun 2022, dan terakhir daftar ulang peserta didik Pada tanggal 7 Juli sampai dengan 11 Juli Tahun 2022.

"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran yang terlibat bersama-sama kami menyusun dan memberi masukan-masukan atas PPDB tahun ini," ucapnya.

Ia berharap, PPDB tahun ini dapat berjalan lancar dan diharapkan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Kita harapkan semoga diberikan kemudahan dan kelancaran PPDB online 2022/2023, dan pelaksanaan PPDB bagian penting untuk menyiapkan generasi maju di masa datang," tutupnya.















ken/mcr



×
Berita Terbaru Update