Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pernah Ditangani Dinas Sosial Rohil, ODGJ Kini Terlantar di Sintong

Selasa, 10 Mei 2022 | Mei 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-10T16:02:55Z



RIAUMETROPOS.COM


Sintong,

Miris melihat  Khairul (56) seorang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) warga Bagansiapiapi yang pernah di tangani Dinas Sosial Rohil Tahun 2019 lalu kini hilir-mudik di Kepenghuluan  Sintong Kecamatan Tanah Putih Rohil.

Cukup lama tak kelihatan di  Kota Bagansiapiapi tiba-tiba Minggu (8/5/2022) Jam 15.00 WIB  kemaren sosok ini viral di media sosial ketika di posting video yang diunggah Guntur Pratama (36) netizen warga Bagansiapiapi.

Postingan vidio warga  mudik berlebaran ke Sintong ini dalam waktu singkat di tonton 1.216 kali oleh warga dengan 61 komentarnya.

"Saya kaget  Wak Khairul terlihat di Sintong, saya sapa menyahut  kondisinya memprihatinkan," ungkap Guntur Pratama Selasa (10/5/2022).

"Saya videokan dan diposting, komentar terbanyak dari warga Bagansiapiapi menanyakan kondisi Wak Khairul, sebab  lama menghilang dari Bagansiapiapi," imbuh Guntur.

Singkat cerita masyarakat Bagansiapiapi menceritakan nasib Khairul karena sebelumnya  di rujuk ke RSJ Tampan Pekanbaru oleh Dinas Sosial Rohil.

Khairul pernah tinggal di Pelantar Sundung  Bagan Hulu kini jadi perpincangkan warga sejak  Minggu (8/5/2022) yang terlihat berjalan kaki membawa goni baju kaus dan celana pendek kumal di Sintong.

Awak media ini Selasa (10/5/2022)  menghubungi Dr.H.HM Junaidi Saleh Kadis Sosial Rohil untuk konfirmasi terkait Khairul yang sempat ditangani Dinas Sosial Rohil.

Melalui pesan singkat aplikasi waatshaap Selasa (10/5/2022) dr.HM.Junaidi Saleh  menjawab sosok Khairul (56) menurutnya pernah dirujuk Dinas Sosial dirawat di RSJ Tampan Pekanbaru.

"Setelah sehat kami serahkan ke keluarganya, tetap makan obat kalau saat ini perlu perawatan kembali dan surat dari Puskesmas dan Surat Keterangan dari Kelurahan dan Camat untuk dirujuk kembali ke RSJ, " Pinta  dr.HM.Junaidi Saleh.

Kepala Dinas sosial Rohil ini mengakui menurut stafnya, Khairul dulunya telah diserahkan kepada AL adiknya di Jalan Danau Toba Bagansiapiapiapi.

"Dinas Sosial Rohil merujuk Eks ODGJ atas  nama Khairul alias Wak Kelor ke RSJ Tampan Pekanbaru pada tahun 2019," jelas Kadis Sosial Rohil ini namun tidak menyebutkan keluarga ODGJ tersebut.

Dr.HM.Junaidi Saleh mengaku Setelah Khairul dinyatakan sehat oleh  RSJ Tampan Dinas Sosial Rohil menjemput  mengembalikan ke AL  keluarganya di jalan H. Jahya.

Kepala Dinas Sosial Rohil ini membenarkan Tahun 2020 Dinsos menerima laporan dari Sedinginan tentang ODGJ tersebut sehingga  Team menemuinya.

Dr.HM Junaidi menambahkan  keluarga Khairul tidak merespon, akhirnya team pada 11 Maret 2020  survey ke lapangan  menemukan Khairul (56) di Teluk Mego Tanah Putih.

"Oleh seorang warga  menerimanya dan memberi makan  hitung-hitung sedekah," Tulis waatshaap Kadis Sosial Rohil ini menjawab konfirmasi awak media ini.

Kini hidup Khairul kembali terlunta-lunta di  Jalan  Sintong notabonenya Kampung halaman Bupati Rohil, warga setempat mendesak Dinas Sosial Rohil  turun tangan dan merujuknya kembali ke RSJ Tampan Pekanbaru.

"Viral di Medsos, diangkat media barulah Dinsos Rohil kelabakan, selama ini tutup mata," Ucap Hasbi warga Bagansiapiapi.

Berbagai sumber menyebutkan Khairul (56)  merupakan warga Bagan Hulu dulunya mantan TKI di Malaysia  di pulangkan akibat mengidap gangguan jiwa Tahun 1990 lalu.












ken/rls


×
Berita Terbaru Update